PMKRI Dan IMTB Demo Polusi Debu – Berita Kota Makassar
Sulselbar

PMKRI Dan IMTB Demo Polusi Debu

BKM/AGUS BURHAN TEMUI PENGUNJUK RASA -- Bupati Tator Nicodemus Biringkanae didampingi Ketua DPRD Welem Sambolangi saat menerima aksi demo PMKRI dan IMTB, kemarin.

MAKALE, BKM — Aliansi Masyarakat Peduli Toraja (PMKRI) dan Ikatan Mahasiswa Toraja Barat (IMTB) menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Bupati dan Gedung DPRD Tator, Jumat (13/1).
Dalam aksinya para aktivis menuntut agar polusi debu di kota Makale dan sekitarnya akibat dari peningkatan jalan provinsi poros Enrekang–Toraja segera diatasi. Akibat kondisi tersebut kini
masyarakat mandi debu dan gejala penyakit ISPA.
Di DPRD, PMKI dan IMTB diterima Bupati Nicodemus Birngkanae dan Ketua DPRD Welem Sambolangi di lobi kantor DPRD.
Jenderal lapangan Yohanis BP mengakui pernyataan sikap lima butir mendesak rekanan segera menyelesaikan proyek peningkatan jalan. Jika tuntutan tidak diindahkan PMKRI dan IMTB akan menempuh jalur hukum ke Pengadilan Negeri Toraja.
Kondisi tersebut sudah berbulan-bulan dan dikeluhkan warga tapi tak kunjung ada penyelesasinnya. Karena tidak ada tanggapan dari pengelola proyek, ahirnya Jumat (13/1) puluhan mahasiswa menggelar aksi.
Balai Besar Wilayah Sulawesi di Makassar diminta menjatuhkan sangsi berat kepada rekanan tidak selesai tepat waktu proyek. Mendesak Pemkab dan DPRD mengawasi dan melindungi masyarakat akan polusi debu dan memberikan ganti rugi kepada masyarakat yang terdampak polusi debu.
Massa aksi juga meminta PTK memasang papan proyek agar lebih transparan pengelolaan keuangannya serta mendesak kontarktor membagikan masker.
Bupati Nicodemus didepan pengunjuk rasa mengatakan proyek peningkatakn jalan provinsi dalam wilayah Kabupaten Tana Toraja multiyears masih akan berlangsung beberapa tahun kedepan.
Mengenai dampak debu terus menjadi perhatian serius bagi Pemkab. Karena itu masyarakat yang menderita sakit akibat polusi debu akan menjadi tanggung jawab Pemkab selama proses perawatan di rumah sakit.
Sementara Ketua DPRD Tator Welem Sambolangi, mengakui penerimaan aspirasi dewan ada mekanismenya sehingga tuntutan disampaikan PMKI dan IMTB akan ditindaklanjuti ke komisi tiga untuk mendapatkan perhatian. (gus/C).

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top