Jalan Idrus Syukur Masih Berliku – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Jalan Idrus Syukur Masih Berliku

BARRU, BKM — Jalan Bupati Barru Non Aktif Idris Syukur masih berliku meski Pengadilan Tinggi (PT) telah menjatuhkan vonis bebas kepada terdakwa. Usai menerima salinan putusan dari PT, Kejaksaan Negeri (Kejari) Barru langsung mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung.
Kepala Kejaksaan Negeri Barru Paian Tumanggor, SH kepada BKM Selasa (10/1) menilai proses hukum Andi Idris Syukur masih panjang. Putusan bebas PT belum bersifat inkrah. Karena dalil hukum yang menyatakan inkrah terjadi jika kedua belah pihak yang berperkara terjadi kesepakatan. “Dalam proses hukum Andi Idris belum ada yang inkrah karena kami dari kejaksaan sudah mengajukan kasasi ke MA,” ujar Paian Tumanggor.
Menurutnya, putusan banding PT yang memvonis bebas Andi Idris Syukur tidak serta merta sebagai putusan inkrah dalam sebuah proses hukum.
”Inilah yang menjadi dasar hukum kejaksaan mengajukan kasasi ke MA. Jadi semua masih beproses,” tambahnya.
Jadi pengajuan kasasi ke MA bukanlah sesuatu yang bertentangan dengan proses hukum melainkan ada dasar hukumnya.
Kejari juga menjelaskan setelah muncul kasus Andi Idris, banyak warga jadi ahli berbicara dibidang hukum. Terutama mengeluarkan statemen tentang istilah inkrah. Menurut dia putusan bebas ditingkat PT untuk Idris dipersepsikan oleh pihaknya sebagai putusan inkra.
“Padahal inkrah-nya suatu hasil dari proses hukum, kalau kedua pihak yang berperkara terjadi kesepakatan. Putusan inkrah bisa saja terjadi sampai pada PN dan pengadilan selanjutnya,” beber P Tumanggor. (udi/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top