Gojentakmapan

Sejumlah Wajah Baru Isi Kabinet Adnan

BKM/SAR LANTIK- Suasana pelantikan pejabat eselon 2 dan 3 lingkup Pemkab Gowa kemarin.

GOWA, BKM — Untuk pertama kalinya pemerintahan Adnan Purichta Ichsan dengan H Abd Rauf Malaganni selaku bupati dan Wabup Gowa, melakukan pergeseran pejabat besar-besaran. Pelantikan ini berlangsung di Baruga Karaeng Galesong, Rabu (11/1) sekitar pukul 14.00 Wita.
Sebanyak 125 pejabat eselon 2 dan 3 digeser kemarin. Ada yang tetap di kursinya semula dan ada juga yang dimutasi ke tempat baru. Dari sejumlah pejabat eselon 2 yang dilantik kemarin, sejumlah di antaranya adalah wajah baru. Dari 125 pejabat itu masing-masing meliputi 41 orang pimpinan tinggi pratama serta 83 orang untuk jabatan administrator.
Salah satu SKPD yang memiliki wajah baru kepemimpinan strukturnya adalah Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa. Jabatan yang mengurusi pendidikan ini dinahkodai seorang pejabat asal luar Pemkab Gowa, yakni berasal dari jajaran dosen di UNM. Ia adalah Dr Salam yang merupakan salah satu dewan pakar perumusan program inovasi Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) Pemkab Gowa.
Dr Salam dalam memimpin dinas yang telah ditinggalkan almarhum H Idris Faisal Kadir ini didampingi pejabat sekretaris dinas yang baru. Meski figurnya berasal dari lingkup Diknas sendiri, yakni Andi Budiman Badillah (sebelumnya adalah menjabat sebagai Kabid Pemuda dan Olahraga pada Diknas Gowa).
Wajah baru lainnya yang dilantik, antara lain Arifuddin Saeni menjadi Kadis Kominfo Gowa yang sebelumnya duduk di kursi staf ahli dan Pjs Kepala Kantor PDE Gowa. Mantan Kepala BKDD Gowa, Indra Setiawan Abbas dilantik jadi Kadis Penanaman Modal Daerah dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Sofyan Hamdy yang semula menjabat sebagai Kadis Koperasi kini dilantik jadi Kadis Pariwisata, Taufik Mursad jabatan sebelumnya adalah Kadis Perindag kini dapat job baru sebagai Kepala Bappeda. Andi Sura Suaib sebelumnya adalah Kabag Umum dilantik jadi Kadis Perindag, Inspektur Inspektorat Gowa, Chaerul Natsir berpindah menjadi Kepala BKDD Gowa.
Usai melantik, Bupati Adnan Purichta Ichsan menitip pesan agar para pejabat baru yang berkesempatan menjabat jabatan agar bersungguh-sungguh menjalankan amanah yang diembannya. Tentunya pesan ini diikuti dengan penandatanganan pakta integritas masing-masing pejabat yang dilantik. Adnan juga berharap pejabat yang bergeser dan tidak sesuai harapannya agar bersabar dan tetap menjalankan kinerja terbaiknya.
Sementara terkait terpilihnya Dr Salam dalam jajaran struktur kelembagaan baru perangkat daerah Kabupaten Gowa, menurut Adnan, dalam pemilihan figur bukan hal yang mudah dan membutuhkan pertimbangan.
”Pemilihan pejabat ini melalui lelang jabatan atau seleksi terbuka. Proses pengambilan keputusan ke dalam suatu jabatan struktural bukan proses yang mudah. Membutuhkan pertimbangan matang agar memperoleh pejabat yang tepat agar bisa the right man in the right place,” tegas bupati.
Seluruh pejabat yang berkesempatan dilantik atau dikukuhkan hari ini merupakan hasil assesment dan tes ketat. Seleksi ini terbuka untuk umum sehingga figur non birokrat lingkup Pemkab pun bisa ikut.
Sebelum menutup sambutannya, Adnan memerintahkan agar kepala dinas yang baru saja dilantik untuk segera mengambil stempel dan menandatangi kelengkapan administrasi pembayaran gaji pegawai. ”Tolong segera selesaikan administrasi keuangan dan bayarkan gaji pegawai besok,” tandasnya. (sar/mir)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top