Patung G Proyek Misterius – Berita Kota Makassar
Metro

Patung G Proyek Misterius

MAKASSAR, BKM — Kepala Satuan Kerja (Satker) Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) XIII, Rahman Djamil mempertanyakan keberadaan patung berhuruf G yang dibangun di bawah flyover, atau tepatnya disudut jalan antara Urip Sumiharjo AP Pettarani.

Menurut Rahman, kalau pembangunan patung untuk keindahan kota tidak ada masalah. Namun kehadirannya tidak boleh mengabaikan aturan atau mengganggu arus lalu lintas.
Dia menilai, patung G itu sudah mengambil ruang jalan dan dinilai bisa mengganggu arus kendaraan yang melintas di AP Pettarani yang berstatus jalan nasional.
Selain itu, lanjutnya, pihak yang membangun juga tidak pernah memberi tahu atau meminta izin terlebih dahulu akan membangun patung di area itu.
“Itu sudah menyalahi aturan. Semestinya minta izin dulu. Paling tidak, membangun sesuatu, apalagi di area publik seperti itu, harus mempertimbangkan apakah kehadirannya mengganggu atau tidak, ” jelasnya.
Dia-pun meminta bantuan untuk mencari tahu siapa yang membuat patung tersebut. “Minta tolong, saya mau tahu siapa yang bikin itu, ” katanya kepada BKM, Rabu (11/1).
Terpisah, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto juga belum mengetahui ada patung berdiri berhuruf G. Danny sapaan akrab wali kota bahkan akan mencari tahu siapa pemilik dan tujuan mendirikan patung berhuruf G tersebut. “Pemkot juga belum tau siapa pemiliknya dan masih dalam proses pencarian,” singkatnya.
Hal senada dikatakan Kepala Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kota Makassar, Ahmad Kafrawi. Dia mengaku sama sekali tidak mengetahui pemilik ataupun arti dari patung huruf G yang berdiri di ujung Jalan AP Pettrani tersebut. “Saya tidak tahu siapa yang membangun patung itu. Pembangunan patung huruf G juga tidak perlu ada IMB-nya karena tidak mengganggu tatanan kota,” singkat Ahmad Kafrawi, kemarin.
Dia menduga, patung yang berukuran tinggi sekitar satu meter tersebut, merupakan patung Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan yang ada di Makassar. “Kemungkinan patung milik CSR dan bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar,” pungkasnya.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar, Muh Ansar juga mengaku sama sekali tidak tahu menahu soal keberadaan patung di ujung Jalan AP Pettarani. “Saya tidak tau soal itu, bukan PU yang buat itu,” singkatnya. (rhm-arf)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top