Harga Cabai Masih Dikisaran Rp70 Ribu – Berita Kota Makassar
Metro

Harga Cabai Masih Dikisaran Rp70 Ribu

MAKASSAR, BKM — Beberapa hari terakhir, harga cabai rawit cukup pedas. Di sejumlah pasar tradisional, harga salah satu bahan makanan itu berada di kisaran 70 ribu hingga 100 ribu.
Menyikapi kondisi itu, Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rijal bersama KPPU dan Bank Indonesia melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Pa’baeng-baeng Makassar, Rabu (11/1).
Dari hasil pemantauan, diperoleh data harga cabai rawit Rp70 ribu per kilogram. Hanya selisih sehari, harganya sudah mengalami kenaikan sebesar Rp10 ribu. Itu terungkap saat Wakil Wali Kota Syamsu Rijal tanya jawab dengan pedagang.
“Kemarin agak murah, Rp60 ribu. Sekarang Rp70 ribu sekilo. Malah pernah sampai Rp80 ribu hingga Rp100 ribu, ” kata seorang pedagang, Dg Rapi.
Syamsu Rijal mengatakan kenaikan harga cabai di Makassar lebih disebabkan faktor psikologis karena harga cabai di luar Sulsel cukup tinggi. Terkait stok sebenarnya cukup banyak karena Sulsel merupakan salah satu provinsi penghasil cabai.
Menyikapi kondisi tersebut, sekaligus menjaga ketahanan pangan keluarga, masyarakat dihimbau untuk menanam cabai di pekarangan masing-masing agar tidak terpengaruh jika harga berfluktuasi. Dia menilai sejauh ini belum perlu melakukan operasi pasar.
Namun dia berjanji akan menelusuri kenapa harga cabai bisa melambung tinggi padahal pasokan dari daerah cukup.
“Kita akan cek itu,” jelasnya.
Ketua KPPU Sulsel, Ramli Simanjuntak mengatakan sidak yang dilakukan untuk memantau harga cabai yang cukup pedas beberapa hari terakhir.
Menurutnya, dari hasil penelusuran, sebelum tiba di tangan pedagang yang langsung menjual ke konsumen, cabe harus melalui lima tingkatan.
“Ini kita pantau terus. Kita akan telusuri apakah ada penahanan pasokan atau tidak. Jika ada yang ditemukan, tentu akan kita selidiki dan proses, ” jelasnya.
Sementara Direktur Bank Indonesia,Wiwiek Sisto mengatakan kenaikan harga cabe sedikit banyak akan berpengaruh pada tingkat inflasi bulan ini. Selain cabai, yang perlu diperhatikan juga adalah harga beberapa kebutuhan pokok lainnya. Termasuk bawang putih maupun bawang merah. Selain itu, komoditi lain yang perlu diwaspadai karena juga memicu inflasi adalah ikan, salah satunya ikan bandeng. (rhm)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top