Puluhan Orang Terpapar DBD – Berita Kota Makassar
Gojentakmapan

Puluhan Orang Terpapar DBD

JENEPONTO, BKM — Memasuki musim penghujan, puluhan orang terpapar Demam Berdarah Dengue (DBD). Sejak memasuki Januari 2017, setidaknya sudah ada 12 orang terpapar DBD. Mereka berasal dari Kecamatan Bangkala ,Bontoramba, Binamu, Kelara, Tarowang, dan Kecamatan Batang.
”Para pasien DBD tersebut kini sedang dirawat di RSUD Lanto Daeng Pasewang (LDP) dan sudah menjadi perhatian pemerintah,” jelas Direktur RSUD LDP Jeneponto, Dr H Iswan Sanabi saat ditemui BKM di ruang kerjanya, Selasa (10/1).
Iswan Sanabi mengatakan, dengan makin merebaknya penyakit DBD ini, maka diminta kepada seluruh masyarakat baik pemerintah desa, kelurahan, Babinsa dan Babinkabtibmas dan lainnya bila mengetahui ada keluarganya yang sakit panas agar segera di bawa ke Puskesmas atau langsung ke rumah sakit untuk dilakukan pengobatan secepatnya.
”Jangan biarkan keluarganya untuk menyimpan pasien di rumah dan diberi obat penurun panas. Itu kurang bermanfaat dan dikuatirkan terlambat penanganannya. Sebaiknya diantar segera ke rumah sakit terdekat. Karena diperlukan penanganan khusus oleh dokter untuk pengobatan DBD,” jelas Iswan Sanabi.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto, DR Syafruddin Nurdin, mengatakan, memasuki musim penghujan biasanya siklus tahunan DBD akan menyerang masyarakat. ”Maka dari itu, saya sudah suruh tim fogging baik yang ada di dinas kesehatan dan Puskesmas untuk turun ke masyarakat melakukan fogging di rumah yang sudah terpapar DBD dan sekitarnya agar tidak lebih meluas,” pesannya.
Selain itu, diminta kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran DBD yang diakibatkan nyamuk aedes aegypti. Untuk itu, tempat sarangnya harus dihilangkan, yakni bekas sampah kaleng dikubur atau ditanam. Selain itu, bak mandi dikuras dan diberi abate serta tidak membiarkan air tergenang, itu akan menjadi sarang nyamuk. Makanya, usahakan dialirkan. (krk/mir/c)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top