Meskipun Hujan Warga Tetap Waspada – Berita Kota Makassar
Metro

Meskipun Hujan Warga Tetap Waspada

WARGA Kota Makassar lagi-lagi diingatkan untuk tetap mewaspadai terjadinya kebakaran. Meski musim penghujan, kebakaran tetap saja mengancam.

Laporan: MUH YUSUF

Sesuai data dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar, awal Januari ini sudah tiga peristiwa kebakaran yang terjadi dalam waktu 30 menit. Lokasi kebakaran terjadi di Jalan Kompleks Pemda Blok E akibat korsleting listrik di instalasi rumah, juga terjadi di Jalan Tinumbu (tiang listrik) dan di Jalan Borong akibat meteran rumah yang terbakar.
“Kejadian itu terjadi secara berentetan dalam waktu 30 menit. Dan syukur semua bisa tertangani,” kata Kabid Operasional Damkar Kota Makassar, Hasanuddin T.
Hasanuddin juga mengimbau warga harus tetap waspada meski musim penghujan, semua harus rela tidak bisa tidur nyenyak karena si jago merah setiap saat bisa merusak mimpi indah.
Apalagi di lokasi pemukiman padat perumahan ibarat jerami kering yang ditumpuk-tumpuk. Sekali sulut, dalam hitungan menit jilatan api akan membesar, menyambar, menyebar, dan membumi hanguskan satu perkampungan.
Belum lagi, kondisi sulitnya akses bagi petugas pemadam kebakaran untuk masuk wilayah pemukiman warga.
Hasanuddin menambahkan, kesadaran masyarakat di Kota Makassar dalam mencegah serta mengantisipasi terjadinya kebakaran mulai tinggi. Hal tersebut berdasarkan data kasus kebakaran terjadi sejak Januari hingga pertengahan Oktober 2016 lalu menurun sebanyak 150 kasus kebakaran. Berbeda di tahun 2015 lalu, dimana sejak Januari hingga pertengahan Oktober tercatat sebanyak 193 kasus kebakaran.
“Tahun 2016 lalu kasus kebakaran menurun dibandingkan tahun 2015. Di tahun 2016 kasus kebakaran tercatat 150 kasus dan di 2015 tercatat 193 kasus. Ini menandakan baik, karena sudah kurang peristiwa kebakaran,” jelas Hasanuddin.
Kasus kebakaran yang terjadi khususnya di Kota Makassar baik di tahun 2015 ataupun di tahun 2016 lalu kebanyakan disebabkan oleh korsleting listrik. Dia berharap kesadaran dan kewaspadaan masyarakat dapat terus ditingkatkan untuk mencegah terjadinya kebakaran akibatkelalaian.
“Data keseluruhan kasus kebakaran di 2016 lalu dari Januari hingga Desember mincapai puluhan miliar. Kami harap di tahun ini kasus kebakaran menurun dengan meningkatkan kesadaran, kewaspadaan untuk tidak lalai untuk terhindar dari kebakaran,” tambahnya.
Terpisah, Risma warga Maccini Sawah yang menjadi korban kebakaran November 2016 lalu mengaku, masih shok akan musibah yang menghaguskan rumah mereka. “Saya masih syok pak, kalau mengingat kembali peristiwa kebakaran tersebut. Disamping kehilangan harta benda, juga harus membangun kembali rumah yang telah ludes dilalap api,” katanya. (*)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top