KPU Mantapkan Pemahaman Tungsura PPK – Berita Kota Makassar
Sulselbar

KPU Mantapkan Pemahaman Tungsura PPK

BKM/ALALUDDIN BIMTEK -- Para komisioner KPU Matra saat memberi arahan kepada PPK yang menjadi peserta Bimtek tentang tata cara Tungsura.

PASANGKAYU, BKM — Pemahaman tentang tata cara pemungutan dan rekapitulasi penghitungan suara (Tungsura) para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Mamuju Utara (Matra), kembali dimantapkan. Pemantapan dilakukan melalui kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) yang digelar KPU Matra, akhir pekan lalu.
Kegiatan yang berlangsung di aula KPU Matra tersebut, dilakukan untuk memberikan penguatan kualitas kepada para PPK dalam rangka memaksimalkan serta menyukseskan Pilgub Sulbar pada 15 Februari 2017 mendatang.
”Kami memberikan pemahaman kepada teman-teman PPK agar mereka paham bagaimana mekanisme di TPS, tata cara pungut hitung dan bagaimana cara mengisi form model C, kemudian bagaimana teknik rekapitulasi di kecamatan,” terang Ketua KPU Matra, Ishak Ibrahim.
Dikatakan, pemahaman tentang Tungsura ini perlu dimantapkan, agar proses Tungsura ditingkat kecamatan nanti, bisa berjalan aman dan lancar. Selain itu, para PPK bisa cekatan dalam menyelesaikan semua permasalahan teknis yang bisa saja timbul.
”PPK juga harus memantau kegiatan KPPS terutama pada lima hari sebelum hari pelaksanaan tungsura (H-5), apakah KPPS telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat tempat pemungutan suara (TPS) atau belum. Juga memastikan undangan memilih bagi yang terdaftar di DPT apakah sudah sampai kepada yang bersangkutan atau belum,” tambah Ishak.
Dalam Bimtek ini, selain menerima materi, para PPK juga mendapat simulasi tentang tata cara Tungsura dari para komisioner KPU Matra. Para PPK dilatih mengisi data pada form model C1,C2, dan model C plano.
”Data yang diisi ke model C, yaitu berapa yang terdaftar di DPT, berapa pemilih pindah, berapa pemilih yang menggunakan e-KTP. Para PPK harus paham semua itu dengan harapan, mereka bisa mengajarkan juga kepada KPPS nantinya,” pungkasnya. (ala/mir/c)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top