Headline

Gaji PNS Pemprov-Pemkot Dijanji Cair Minggu Ini

MAKASSAR, BKM — Hingga kemarin, gaji pegawai negeri sipil (PNS) lingkup Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar untuk periode Januari 2017 belum dibayarkan. Padahal sudah memasuki minggu kedua bulan berjalan.
Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Sulsel, Andi Arwin Azis mengatakan, pencairan gaji PNS sementara berproses. Diusahakan pekan ini gaji tersebut sudah cair.
Pihaknya sudah melakukan konsultasi ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk meminta masukan terkait pembayaran gaji tersebut.
“Semoga dilancarkan dan dimudahkan dalam minggu ini. Apalagi kami sudah melakukan konsultasi dengan kemenkeu,” kata Arwin, Selasa (10/1).
Mantan Kepala Biro Umum dan Perlengkapan itu menyebutkan, salah satu yang masih menghambat pembayaran adalah masalah SK untuk masing-masing pengguna anggaran di SKPD yang ada.
Sekadar diketahui, pengguna anggaran yang merupakan kepala SKPD baru saja selesai dilantik Jumat pekan lalu.
Terkait dengan permasalahan PNS yang dilimpahkan dari kabupeten/kota ke provinsi, menurutnya, tersisa pegawai Dinas Perhubungan, yaitu pengelola terminal tipe B sebanyak 160 lebih yang bersoal.
Untuk guru SMA/SMK yang berjumlah 16.384 orang, pengawas tenaga kerja 64 orang, penyuluh dan polhut 990 orang sudah tak ada masalah. Gaji mereka akan segera dibayarkan, setelah ada pengajuan dari SKPD terkait.
“Adapun nanti keterlambatan administrasi bagi PNS peralihan, tak ada masalah untuk gaji. Kita tinggal menunggu proses administrasi di kementerian induk atau kabupaten/kota. Kita sudah melakukan penghitungan dari data awal,” jelasnya.
Dia menambahkan, Dana Alokasi Umum (DAU) untuk pembayaran gaji sudah ditransfer Kementerian Keuangan ke kas daerah sebesar Rp188 miliar.
Senada dengan Arwin, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo menegaskan, masalah gaji di bulan Januari sementara berproses.
“Dalam waktu dekat akan dibayar,” singkatnya.
Salah seorang PNS lingkup Pemprov Sulsel yang enggan disebut namanya, mengaku gaji Januari hingga saat ini belum dibayarkan. Dia sudah mengecek ATM Bank Sulselbar tempat gajinya sering ditransfer, namun memang belum ada penambahan saldo.
Keterlambatan pembayaran gaji dipertanyakan. Dia mengatakan, Klaten saja yang bupatinya bersoal karena terkena OTT KPK, gajinya sudah dibayarkan. Itu diketahui dari salah seorang temannya yang bekerja di sana.
Terpisah, Kepala BPKA Makassar, Erwin Syafruddin Haiyya meminta kepada seluruh pegawai di pemerintah kota untuk bersabar menunggu pencairan yang agak terlambat. Hal itu diakibatkan banyaknya adminstrasi yang perlu diperbaiki setelah perubahan struktur organisasi. Dia memastikan, minggu ini seluruh gaji pegawai di pemkot sudah dicairkan.
“Dalam minggu ini seluruh pegawai gajinya sudah dicairkan. Keterlambatan pembayaran gaji disebabkan karena kita perlu atur data-data pegawai, karena banyak pegawai yang pindah. Apalagi jumlahnya sampai ribuan orang. Ini bukan pekerjaan yang cepat,” katanya.
Ia menambahkan, sebagian pegawai di beberapa SKPD telah mendapat gaji. Pegawai yang telah mendapatkan gaji adalah mereka yang tidak berpindah-pindah karena perubahan struktur organisasi.
“Sudah adami juga pegawai yang telah terima gaji. Kita usahakan minggu ini semuanya sudah terima gajinya. Adminstrasi juga sudah selesai tinggal pencairan,” tambahnya.
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menegaskan, dalam waktu dekat pemerintah kota segera mencairkan gaji seluruh pegawainya.
“Minggu ini gaji pegawai sudah dicairkan. Itu pasti. Ini masalahnya karena ada perubahan struktur organisasi. Tapi semua administrasinya sudah selesai dan sudah siap dibayarkan,” kata Danny. (rhm-arf/rus)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top