Forum LSM Dukung Pembubarkan Dewas – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Forum LSM Dukung Pembubarkan Dewas

PAREPARE, BKM — Penyataan Sekkot Parepare Mustafa Mappangara agar Dewan Pengawas (Dewas) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare dibubarkan jika permasalahan yang terjadi tak bisa segera diselesaikan mendapat reaksi dari sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Parepare.
Ketua Forum LSM Kota Parepare, AS Oedin mengatakan ketidakharmonisan dua anggota Dewas dengan Plt Direktur RSUD Andi Makkasau bisa memperburuk keadaan di RSUD Andi Makkasau dan kinerja manajemen rumah sakit termasuk pelayanan.
Oedin menduga selama ini di RSUD Andi Makkasau terjadi kisruh akibat ada kepentingan didalamnya yang tidak dipenuhi sehingga terjadi keributan yang mempengaruhi kinerja di Rumah Sakit.
Oedin menilai bisa saja ada konspirasi dewas untuk menghilangkan dr Muhammad Yamin jadi direktur di RSUD Andi Makkasau, kalau Yamin tidak menahkodai lagi rumah sakit maka bisa saja leluas anggota dewas melakukan keinginanya.
”Kita tahu dr Yamin itu tegas dan tidak mau diitervensi masalah manajemen, padahal tupoksi Dewas sudah jelas dimana tugasnya mengawasi manajemen rumah sakit dan jika ada temuan keganjalan maka laporkan langsung owner, bukannya menjadi eksekutor,”jelasnya.
Dia menambahkan yang mengangkat anggota Dewas dan Plt Direktur yakin Wali Kota maka seharusnya segera mengambil langkah apakah anggota dewas itu diganti bersama direkturnya ataukah dibubarkan saja itu dewas, kalau asas manfaatnya tidak ada lagi,”tuturnya.
Terpisah, Direktur Institute Kebijakan Rakyat (IKRa), Uspa Hakim, juga menyayangkan keksiruan internal antara dewas dengan Plt Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare.
”Keputusan ada ditangan owner, maka berhak memberhentikan dan mengangkat anggota Dewas termasuk Direktur RSU AndiMakkasau.”tuturnya.
Mestinya Dewas kerjasama dengan Plt Direktur RSUD Andi Makkasau untuk memperbaiki manajemen rumah sakit dan meningkatkan pelayanan kepada masyaraakat bukan malah saling lapor.
Rahman Saleh, anggota Dewas, membantah jika ada konspirasi menjatuhkan dr Muh Yamin selaku Plt Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare.
Plt Direktur RSUD Andi Makkasau, dr. Muhammad Yamin, tidak masalah dirinya diganti menjadi direktur jika kedua anggota dewas itu juga keluar dari pengurus Dewas.
”Masalah ini saya serahkan kepada owner, karena hak progratif owner mengangkat dan memberintikan Dewas dan Direktur RSUD Andi Makkasau,”terangnya,
Anggota DPRD Kotas Parepare, Yusuf Nonci sangat mendukung kalau dewas dan direktur diganti agar tidak ribut terus yang bisa mempengaruhi kinerja pelayanan pasien. (smr/C)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top