Headline

704 WNA Asal Cina Bekerja di Makassar

MAKASSAR, BKM — Jumlah warna negara asing (WNA) asal Cina yang bekerja di Makassar tercatat sebanyak 704 orang. Mereka mengantongi izin kerja dari kantor Imigrasi Klas I Makassar. Sementara WNA yang belajar sebanyak 242 orang.
Kepala Seksi Status Keimigrasian (Kasi Statuskim) Imigrasi Makassar, KA Halim mengakui dominasi WNA asal Tirai Bambu yang bekerja di kota ini. Angka tersebut berdasarkan jumlah Surat Izin Tinggal Terbatas (Sitas) yang diterbitkan kantor Imigrasi.
”WNA yang bekerja di Makassar cukup banyak. Didominasi asal Cina,” kata KA Halim, kemarin.
Tenaga kerja yang masuk Makassar, menurut Halim, rerata melalui perusahaan yang mempekerjaan. Mereka datang secara legal dan terdaftar di imigrasi dengan mengantongi izin tinggal.
Disinggung soal izin dan visa kerja, menurut Halim, itu merupakan kewenangan Kementerian Tenaga Kerja. ”Kalau ada WNA yang tidak mengantongi izin kerja dari kementerian dan hanya memiliki izin tinggal, itu pasti kita beri sanksi tegas. Mereka dideportasi kembali ke negaranya,” tegas Halim.
Untuk melakukan pengawasan terhadap WNA yang tinggal atau masuk di Indonesia, utamanya di Makassar, kata Halim, pihak Imigrasi telah bekerja sama dengan beberapa instansi pemerintah dan aparat penegak hukum. Diantaranya kepolisian, Badan Intelejen Negara (BIN), Badan Narkotika Nasional (BNN), kejaksaan serta TNI. Institusi ini tergabung dalam Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora).
Sedangkan untuk WNA yang datang ke Makassar untuk tujuan belajar, Halim menuturkan, semuanya masuk secara legal. “Mereka kan tujuannya ke Makassar untuk belajar. Jadi dokumen izinnya pasti lengkap. Paling kalau ada pelanggaran, hanya ringan. Seperti telat memperpanjang izin tinggalnya,” cetusnya. (mat/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top