400 Bidang Tanah Pemkab tak Bersertifikat – Berita Kota Makassar
Sulselbar

400 Bidang Tanah Pemkab tak Bersertifikat

SIDRAP, BKM — Aset berupa tanah milik Pemkab Sidrap, sangat rawan dikomplain masyarakat. Pemicunya, tanah-tanah itu hingga kini masih banyak yang belum bersertifikat.
Anggota DPRD Sidrap, Sudarmin mengklaim, masih banyak aset-aset tak bergerak, utamanya tanah Pemkab Sidrap yang hingga kini belum memperoleh legalisasi dari Badan Pertanahan Nasional (BPN).
“Selain rawan diklaim masyarakat, juga selama ini menjadi salah satu penyebab Sidrap gagal meraih status opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Kemeriksa Keuangan (BPK),” ujar Sudarmin, (10/01).
Sudarmin berharap, masalah yang sudah lama tak kunjung selesai itu, bisa menjadi perhatian serius Pemkab Sidrap, “Paling tidak, setiap tahun pemkab harus mengajukan permohonan ke BPN,” kata legislator asal Demokrat itu.
Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Sidrap, Abdul Majid, tak menampik tudingan Sudarmin itu. Majid membeberkan, masih ada kurang lebih 400 bidang tanah milik Pemkab Sidrap yang belum bersertifikasi.
Majid mengatakan, masih banyaknya bidang tanah milik Pemkab Sidrap yang belum memperoleh legalisasi dari BPN itu, disebabkan karena Pemkab Sidrap tidak memiliki data pasti terkait asal usul tanah tersebut.
Menurutnya, ada banyak bidang tanah yang selama ini tercatat sebagai aset milik Pemkab Sidrap, tetapi dalam kenyataannya tanah-tanah yang tersebar di 11 kecamatan di Sidrap itu, tidak disertai data yang pasti.
Meski demikian, kata Majid, Pemkab Sidrap akan terus berupaya untuk mengatasi hal itu agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari, “Caranya, dengan mengajukan permohonan ke BPN secara bertahap,” kata Majid.
Sementara, Kepala BPN Sidrap, Awaluddin berjanji akan membantu Pemkab Sidrap untuk melagalisasi tanah-tanah itu, “BPN Sidrap selalu siap, berapapun yang dimohonkan akan diproses apabila memenuhi persyaratan,” janji Awaluddin.
“Tahun 2016 lalu, ada sebanyak 47 bidang tanah milik Pemkab Sidrap, tersebar di sejumlah wilayah di Sidrap yang berhasil kita terbitkan sertifikatnya. Sertifikatnya sudah ada, sisa akan diserahkan ke Pemkab Sidrap,” ujar Awaluddin. (ady/C)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top