Bisnis

Pasca-Naiknya Pajak Kendaraan Bermotor Penjualan Masih Normal

IST CURI PERHATIAN -- Keluarga baru sepeda motor Honda, CBR250RR, ternyata telah mampu mencuri perhatian masyarakat Makassar. Kenaikan pajak kendaraan bermotor sejak 6 Januari 2017 lalu, diperkirakan tidak terlalu berdampak terhadap penjualan sepeda motor secara umum, dan khususnya merek Honda.

MAKASSAR, BKM — Pemerintah secara resmi telah menetapkan kenaikan pajak kendaraan bermotor mulai 6 Januari 2017. Bahkan kenaikan tersebut dikabarkan mencapai dua kali lipat dibanding harga pada 2016. Namun sejauh ini apakah telah berdampak pada penjualan sepeda motor sendiri?
Kenaikan pajak tersebut sejauh ini belum berpengaruh pada penjualan sepeda motor di beberapa diler di Makassar. Walau kenaikannya mencapai dua kali lipat, ternyata tidak berdampak signifikan terhadap minat masyarakan membeli sepeda motor.
Seperti pada diler Matramas Yamaha yang terletak di Jalan Sultan Alauddin, sejauh ini dampak dari perubahan tarif pajak tersebut belum ada. Pengelola Matramas Yamaha, Wandy, mengatakan, pihaknya selama ini bahkan belum menentukan kebijakan atas berubahan tarif pajak tersebut.
”Belum ada kebijakan atas perubahan tersebut. Sejauh ini kami hanya menyebar brosur dan menyampaikan jika ada perubahan harga,” kata Wandy.
Wandy menambahkan, angka penjualan sepeda motor di dilernya sepanjang tahun 2016 mencapai kisaran 200 unit. Pencapaian angka penjualan tersebut juga menjadi target Wandy di 2017 ini.
Hal yang sama diungkapkan Corporate Communication Astra Motor Makassar, Aditya Anggara Rahmadani. Aditya mengatakan, tidak ada perubahan signifikan terhadap minat masyarakat untuk membeli sepeda motor.
Astra Motor Makassar adalah produsen sepeda motor Honda wilayah Sulsel, Sulbar, Sultra, Ambon, dan Maluku. Selama 2016, total penjualan sepeda motor Honda di semua wilayah tersebut mencapai 120.450 unit.
Upaya yang dilakukan Astra Motor Makassar sendiri untuk mengantisipasi kenaikan pajak tersebut belum ada. ”Sejauh ini kita masih memfokuskan promo yang memang ada tiap bulannya. Khusus untuk kenaikan pajak tersebut, belum ada,” ungkap Aditya. (*mir)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top