Metro

Disdik Persiapkan Pelaksanaan UN

MAKASSAR, BKM — Dinas Pendidikan Sulsel mulai melakukan berbagai persiapan untuk menyukseskan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2017.
Mulai dari sarana maupun pra sarana hingga pendataan siswa yang akan ikut.
Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo mengatakan pihaknya mulai melakukan verifikasi data.
Pendataan peserta ini, kata Irman, mulai dari jumlah siswa hingga jenis mata pelajaran yang mereka pilih untuk diujikan. Untuk melaksanakan berbagai tahapan UN, juga sudah dibentuk panitia penyelenggara.
Namun menurutnya, sampai saat ini belum ada petunjuk teknis (juknis) dari pemerintah pusat terkait pelaksanaan UN ini.
Tahapan pendataan dan verifikasi, sudah dilakukan sejak 7 Januari untuk SMA dan SMK. Sementara untuk tingkat SMP dan Sekolah Dasar akan menyusul, dan diharapkan dapat dirampungkan pada Januari ini.
Selain itu, lanjut lelaki yang akrab disapa None ini, pihaknya juga sudah mulai memastikan kesiapan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).
Sejauh ini, dia menilai masih sulit untuk menyelenggarakan UNBK secara keseluruhan di SMA/SMK yang ada di Sulsel.
Alasannya, masih banyak sekolah, khususnya yang berada di daerah terpencil tidak dilengkapi jaringan internet.
“Janganmi internet. Malah ada sekolah di pelosok yang belum tersentuh listrik, ” katanya, Senin (9/1).
Tahun ini, dia memperkirakan ada sekitar 300 lebih sekolah yang sudah bisa melaksanakan UN berbasis komputer atau online. Sebanyak 180 diantaranya adalah SMK. Semua tersebar di seluruh Sulsel. Namun terbanyak ada di Kota Makassar.
Untuk memperlancar UNBK, pihaknya juga akan mempersiapkan penambahan bandwith atau kapasitas jaringan di sekolah-sekolah yang menyelenggarakan UNBK dari 2 GB menjadi 4 GB bekerja sama dengan Telkom.
None menegaskan, pada pelaksanaan UN tahun ini, pihaknya menargetkan peningkatan integritas siswa yang ikut.
“Biarmi rendah nilainya yang penting jujurki. Lebih syukur lagi kalau nilai tinggi dan pelaksanaan UN memiliki integritas tinggi, ” pungkas.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Ismunandar mengumpulkan seluruh kepala sekolah di SMP Athirah. Dalam pertemuan tersebut, Ismunandar mempersiapkan pelaksanaan ujian nasional. (rhm)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top