Gojentakmapan

BPK Bangun Pusdiklat di Gowa

BKM/SARIBULANG GUNTING PITA -- Ketua BPK RI, Harry Azhar Azis didampingi Gubernur Sulsel, H Syahrul YL dan Kepala Pusdiklat BPK RI untuk Sulsel, Dwi Setiawan, saat menggunting pita bersama menandai peresmian Pusdiklat BPK RI Sulsel.

GOWA, BKM — Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) membangun Balai Diklat Pemeriksaan Keuangan Negara di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel). Balai Diklat ini akan menjadi pusat pengembangan kompetensi pemeriksa keuangan negara di Indonesia Wilayah Timur.
”Balai Diklat di Gowa ini tidak hanya ditujukan untuk pengembangan pemeriksa (auditor) BPK di seluruh Indonesia, tapi juga dapat mencakup pengembangan kompetensi Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP). Seperti inspektorat di seluruh Indonesia,” kata Ketua BPK RI, Harry Azhar Azis, ketika meresmikan Balai Pusat Diklat Pemeriksaan Keuangan Negara di Kabupaten Gowa, Sulsel, di Jl HM Yasin Limpo, Kelurahan Romangpolong, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Senin (9/1).
Ia mengatakan, apabila kualitas aparat internal seperti inspektorat bekerja secara maksimal sesuai standard yang dibuat BPK sebagai aturan, maka tugas BPK akan lebih ringan. ”Karena itu, peningkatan kapasitas internal aparatur negara menjadi penting,” imbuhnya.
Sementara menurut Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan BPK RI, Dwi Setiawan Susanto, pembangunan balai diklat ini merupakan upaya modernisasi Diklat BPK RI. Balai Diklat pemeriksaan keuangan negara di Gowa dibangun sebagai perluasan atas pelaksanaan Diklat yang selama ini dilakukan di Balai Diklat BPK di Makassar.
”Dengan diresmikannya balai ini, kegiatan Diklat di Makassar, akan secara bertahap dipindah ke Gowa,” kata Dwi.
Balai Diklat ini, kata dia, dibangun di atas lahan seluas 20.313 meter persegi. Dimana terdiri dari 3 gedung utama, yaitu gedung perkantoran dan Diklat, gedung asrama, wisma Diklat, serta dilengkapi gedung untuk sarana ibadah.
Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan apresiasinya, karena Kabupaten Gowa dipilih sebagai lokasi untuk menempatkan Balai Diklat BPK RI.
”Insya Allah ini pilihan yang tepat. Hadirnya auditor yang andal, akan berkorelasi dengan sistem negara yang lebih baik,” ucapnya.
Peresmian dilakukan dengan penandatanganan prasasti oleh Ketua BPK didampingi anggota BPK, Bahrullah Akbar, dan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, serta dihadiri anggota DPR, seluruh gubernur di wilayah timur Indonesia, serta kepala daerah se-Sulawesi Selatan. Turut hadit mantan Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo.
Kegiatan peresmian Balai Diklat diiringi dengan seminar bertopik ‘Tantangan organisasi terhadap pengembangan SDM pemeriksa keuangan negara’ di auditorium Balai Diklat. (sar-rah/mir)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top