Sulselbar

Baperjakat Mangkir, Dewan Tunda Sidang

BANTAENG, BKM — Kisruh mutasi pejabat lingkup Pemkab Bantaeng berbuntut. Tim Baperjakat dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Senin (9/1) diadili di Gedung dewan.

Rapat dipimpin Ketua DPRD Bantaeng, H Sahabuddin hanya dihadiri Kepala BKPSDM, H Muh Asri Sahrun dan perwakilan inspektorat. Akibatnya, ketua dan beberapa anggota dewan berang karena keinginan berdialog dengan tim Baperjakat tak kesampaian.
Ketua DPRD H Sahabuddin mengatakan ada beberapa hal yang perlu diklarifikasi. Diantaranya, masih banyak pejabat eselon IV yang tidak sempat dilantik karena waktu terbatas dan mereka belum menerima SK. Juga ada pejabat yang disebut namanya, tapi tiba-tiba dibatalkan.
Sebelum dijelaskan Asri, Ketua Komisi B, Darwis, meminta agar Kepala BKPSDM menyerahkan hasil kajian tim Baperjakat yang dijadikan dasar mutasi jabatan.
“Kami minta secara tertulis hasil kajian Baperjakat”, kata Darwis.
Ketua DPRD juga meminta SK tim Baperjakat agar mengetahui siapa, apa tugas pokok dan fungsi tim ini. “Saya minta supaya menyerahkan SK tim Baperjakat”, ujarnya.
Legislator Partai Demokrat Arasy Pakkanna juga meminta daftar nama pejabat yang dimutasi. “Selain SK Tim Baperjakat dan hasil kajiannya, kami juga minta daftar pejabat yang dimutasi”, tandasnya.
Kepala BKPSDM memaparkan perihal mutasi sesuai permintaan dewan. Kata dia, sesungguhnya yang kemarin itu bukan mutasi. Tapi penyesuaian OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lama.
Dijelaskan Asri, penempatan pejabat pratama atau eselon II harus dilakukan melalui seleksi terbuka. “Bulan Januari ini akan dilakukan seleksi terbuka pejabat pratama”, jelas Asri.
Mengenai adanya pejabat eselon II yang dilantik menjadi pejabat eselon IIi, kata Asri, sudah memanggil yang bersangkutan dan menjelaskan peraturan yang berlaku dan harus mengikuti seleksi terbuka.
Karena tidak puas dengan penjelasan Kepala BKPSDM, dewan menskorsing rapat gabungan komisi ini dan mengagendakan kembali, Rabu (11/1). “Rapat kita skors untuk kemudian dilanjutkan Rabu besok. Dengan catatan, rapat lanjutan harus dihadiri tim Baperjakat”, kunci Sahabuddin. (wam/B)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top