Pemkot Fokus Pengerukan Drainase – Berita Kota Makassar
Metro

Pemkot Fokus Pengerukan Drainase

MAKASSAR, BKM– Mengantisipasi terjadinya genangan air dan banjir di musim hujan saat ini, Pemerintah Kota Makassar tetap fokus pada pengerukan drainase di beberapa titik.
Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal mengatakan, pengerukan sedimen di dalam drainase merupakan cara ampuh untuk mencegah terjadinya genangan air dan bahkan banjir di Kota Makassar khususnya di kawasan yang rendah.
Apalagi beberapa hari terakhir, intensitas hujan yang melanda Kota Makassar cukup tinggi, sehingga para petugas atau Satgas Drainase diharapkan mampu mengontrol dan terus melakukan pengangkatan sedimen di dalam drainase. “Kita fokuskan pada pengangkatan sedimen di dalam drainase di beberapa titik. Pembentukan Satgas Drainase memang untuk memelihara kondisi drainase agar tidak terjadi genangan yang dapat berpotensi banjir. Tapi di Makassar belum pernah banjir, hanyagenangan dan itupun cuma sebentar,” kata Deng Ical sapaan akrabnya, kepada BKM, Jumat (6/1).
Dia juga mengaku, beberapa hari terkahir dirinya menyempatkan untuk berkunjung ke beberapa titik seperti di Jalan Pongtiku, Kecamatan Tallo. Di lokasi itu, sejumlah masyarakat mengeluhkan genangan air tiap kali hujan.
“Kemarin saya ke Pongtiku ikut kontrol kondisi drainase disana, karena sempat ada warga mengeluh. Saya juga mengarahkan dinas terkait untuk menerjunkan Satgas Drainase,” katanya.
Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar, Muh Rusli menegaskan, sejauh ini dirinya sama sekali belum mempersiapakan segala sesuatu untuk membantu dalam penanganan bencana khususnya banjir. Hal tersebut disebabkan karena dirinya masih fokus pada serah terima jabatan. “Belum ada yang bisa dipersiapkan ini, kemarin saya baru serah terima jabatan. Tetapi dalam waktu dekat, perencanaan kita sudah matang termasuk dalam penanganan banjir di Makassar,” singkatnya. (arf)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top