Harga Cabe Merah Melambung – Berita Kota Makassar
Gojentakmapan

Harga Cabe Merah Melambung

GOWA, BKM — Hujan deras yang merajai musim diawal tahun 2017 ini, mendongkrak harga beli sejumlah kebutuhan dapur masyarakat. Salah satunya cabe merah. Harganya melambung drastis hingga mencapai 110 persen dari harga sebelumnya.
Di pasar basah Minasamaupa Sungguminasa, Kamis (5/1), harga cabe yang sebelumnya hanya Rp40 ribu per Kg, kini sudah melenggang naik menjadi Rp90 ribu per Kg. Dg Mina, salah seorang penjual bahan dapur dan sayuran di Pasar Minasamaupa, mengatakan, lonjakan harga cabe merah dalam kurun waktu sepekan ini memang terjadi dua kali lipat bahkan lebih.
”Harganya sekarang Rp90 ribu per Kg, kalau cuaca terus memburuk bisa saja naik sampai Rp100 ribu per Kg. Naiknya harga cabe ini membuat pembeli mengeluh bahkan ada yang sampai protes marah-marah,” kata perempuan paruh baya ini.
Selain itu, harga daging juga mulai naik. Ayam pedaging atau ayam potong misalnya, harganya sudah berada dikisaran Rp50 ribu sampai Rp55 ribu per Kg dan rata-rata per ekor ayam potong beratnya mencapai 2 Kg.
Dg Mangung, penjual ayam potong di pasar tersebut mengatakan, harga daging ayam potong yang dijualnya terpaksa dinaikkan lantaran stok ayam yang dipasok ke kedainya, harganya pun naik.
”Ini akibat cuaca buruk dan ekstrim. Ayam itu tidak cocok kalau cuaca tidak tetap. Kadang banyak yang mati di kandang maupun penampungan. Harga sebelumnya Rp28 ribu per Kg sekarang Rp33 ribu per Kg. Bahkan jelang dan usai pergantian tahun kemarin, harga ayam potong makin naik menjadi Rp55 ribu per Kg,” aku Dg Mangung. (sar/mir)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top