Sulselbar

Gugatan Cakades tak Pengaruhi Pelantikan

BARRU, BKM — Kabag Pemerintahan Desa Pemkab Barru, Syamsuddin menyatakan semua keberatan Calon Kades disampaikan langsung saat klarifikasi.
“Meski sebagian besar dari keberatan itu sudah dinilai kedaluarsa karena setiap tahapan ada masa waktu dari keberatan itu untuk diajukan,” ujar Syamsuddin.
Pihak Pemdes sendiri tidak mau mempertemukan kubu Cakades kalah dengan panitia Pilkades. Syamsuddin berjanji akan melaporkan hasil klarifikasi ini ke Plt Bupati. Kita jadwalkan pada klarifikasi berikut dengan menghadirkan panitia Pilkades.
“Keberatan Calon Kades ini tidak akan mempengaruhi rencana pelantikan Kades terpilih,” pungkasnya.
Kekalahan para calon Kades dari lima desa di tiga kecamatan di Barru, belum menemukan titik terang. Para Calon Kades ini terus melakukan perlawanan ke Pemkab. Hal ini terungkap saat digelar klarifikasi antara kubu penggugat dari pihak Calon Kades yang kalah dengan Pemkab Barru.
Hadir dalam klarifikasi Kamis (5/1) di Ruang Data Pemkab para perwakilan Calon Kades, Asisten II Andi Adnan Azis, anggota DPRD Hacing, Kabag OPS Polres Barru Kompol. Akbar Usman, Kasintel Kejari Erwin,SH, Perwakilan Kodim 1405 Mallusetasi, Para Kapolsek, dan beberapa Danramil.
Kubu Calon Kades yang kalah di Pilkades tetap bersikukuh tak menerima hasil pemilihan karena adanya beberapa bentuk pelanggaran seperti adanya orang dari luar desa yang ikut memilih di Pilkades. Begitu pula dengan perhitungan suara hingga malam hari dan ketidaksesuaian jumlah DPT. (udi/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top