Pemkab Fokus Tuntaskan Proyek Kawasan Religi – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Pemkab Fokus Tuntaskan Proyek Kawasan Religi

FOKUS -- Pemkab Tator akan fokus menuntaskan pembangunan Proyek Kawasan Religi Burake selama tahun 2017

TATOR, BKM — Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae berjanji akan fokus menuntaskan proyek Kawasan Religi Burake yang kini terus digenjot pembangunannya.
Nico beralasan sepanjang bulan Desember 2016 hingga Januari 2017 wisatawan berkunjung ke Burake menikmati pemandangan diatas ketinggian mencapi 15 ribu pengunjung perhari.
Mengamini antusiasnya wisman dan wisnus ke wilayah Burake terus melonjak, membuat bupati Nicodemus tidak tinggal diam membenahi semua fasilitas.
Selain infrastruktur jalan selebar 12 meter sedang dalam tahap penyelesaian sepanjang 1,250 km dikerjakan PT Sabar Jaya didanai DAK tambahan 2016 lalu, juga trotoar bagi pejalan kaki, jembatan kepelataran, lampu kawasan, penyelesaian landasan patung, jalan Vialodorosa, MCK dan air bersih, serta kantor pengelola.
Bupati menambahkan penyelesaian semua fasilitas di wilayah kawasan Burake diperkirakan menelan anggaran Rp 5 milyar lebih dari APBD.
”Jika tidak ada aral melintang peresmian dan launching akan dilakukan akhir tahun ini,” jelasnya.
Meski demikian, lanjut Nicodemus, obyek wisata lain seperti agro wisata Pango-Pango tetap dilanjutkan sebab wisata religi Burake akan satu paket dengan Pango-Pango.
Pasalnya, pariwisata Toraja setelah masuk Kawasan Strategi Nasional (KSN) pelestarian budaya menjadi obyek yang fital tetap dilestarikan sebagai destinasi budaya secara turu temurun terus dijaga keasliannya.
Ini sangat penting guna mendorong terciptanya peluang investasi dan usaha pengelolaan produksi yang berdaya saing. Juga idak lepas dari inovasi dan kreatifitas pengembangan jasa kepariwisataan melalui pendekatan destinasi yang didukung infrastruktur memadai.
”Menciptakan pariwisata berbasis sosial budaya dengan panorama alam yang indah dan permai, harus didukung oleh pangsa pasar dan daya saing produk unggulan seperti kopi,” tukasnya. Kualitas produksi diutamakan dan semua itu terwujud berkat kecerdasan putra asal Toraja dengan kecerdasan dan keterampilan yang mumpuni.
(gus/C).

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top