Berita Kota Makassar | Jembatan Tanatowa Ambruk, Empat Desa Terisolir
Gojentakmapan

Jembatan Tanatowa Ambruk, Empat Desa Terisolir

BKM/KR KULLE AMBRUK -- Sejumlah warga melihat dari dekat lokasi jembatan yang ambruk. Akibat ambruknya jembatan ini telah membuat empat desa terisolir.

JENEPONTO, BKM – Cuaca ekstrim berupa hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Jeneponto telah mengakibatkan jembatan beton sepanjang 10 meter ambruk. Akibatnya, jalan penghubung Desa Kalimporo ke Desa Bontomanai, Desa Kapita, dan Desa Pappalluang Kecamatan Bangkala Barat juga ke Kabupaten Gowa dan Takalar, tidak bisa dilalui.
Menurut Kepala Desa Kalimporo Kecamatan Bangkala, Zulkar Lewa, saat ditemui di lokasi ambruknya jembatan Tanatowa, Desa Kalimporo, Kecamatan Bangkala sekitar pukul 06.25 Wita, sesaat sebelum kejadian ada mobil truk besar mengangkut aspal panas melewati jembatan tersebut.
”Secara tiba-tiba, jembatan ambruk dan mobil truk terbalik. Sehingga muatannya amblas ke sungai. Akibatnya, mobil mengalami kerusakan seperti gardan, ban belakang copot dan muatannya tumpah ke sungai. Namun tidak ada korban jiwa. Sementara sopir truk lari entah kemana,” jelas Zulkar saat ditemui di lokasi, Kamis (5/1).
Lewa mengatakan, jembatan beton ini sudah lama. Lagipula harus ditinggikan sekitar dua meter karena kalau air sungai banjir, jembatan tidak kelihatan karena terendam air bah.
Wakil Bupati Jeneponto, H Mulyadi Mustamu Karaeng Tinggi, mengatakan, dirinya datang ke lokasi setelah menerima laporan dari warga. ”Saya datang ke sini atas laporan warga. Sekaligus saya mau melihat langsung ambruknya jembatan Tanatowa ini akibat jembatan tua dan juga ada mobil truk yang melebihi kekuatan jembatan,” katanya.
Tapi tidak usah dipersoalkan itu. ”Saya sudah telepon Kepala BPBD Jeneponto, Anwaruddin Munassar untuk segera mengambil langkah-langkah perbaikan agar akses jalan masyarakat tidak lama terganggu,” jelas Karaeng Tinggi.
Kepala BKDD Jeneponto, H Anwaruddin Munassar, mengatakan, dirinya sudah dihubungi Wabup Jeneponto H Mulyadi Mustamu untuk melihat dan menghitung berapa yang dibutuhkan biaya untuk pembuatan jembatan Tanatowa itu.
Anwaruddin juga mengakui, dirinya sudah mendapat perintah dari Bupati Jeneponto, H Iksan Iskandar untuk membangun sesegera mungkin jembatan beton permanen dengan bentangan 10 meter.
”Mungkin menghabiskan anggaran sekitar Rp1 miliar. Waktu pengerjaannya sekitar tiga bulan ke depan,” jelas Anwaruddin. (krk/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top