Sulselbar

28 TKA Bekerja di Pinrang

PINRANG, BKM — Kabar akan banyaknya Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di Indonesia, khususnya yang berasal dari China, ternyata juga terjadi di Kabupaten Pinrang.
Berdasarkan data yang dihimpun, terdapat jumlah pekerja asing asal negri Tiongkok China yang saat ini mengadu peruntungan di Kabupaten Pinrang sebanyak 28 orang.
Bupati Pinrang, H Aslan Patonangi saat dihubungi baru-baru ini mengaku adanya pekerja asal China tersebut. Hanya saja, data tersebut tidak divalidkan dengan Kantor Keimigrasian Parepare. Padahal, yang tercatat saat ini di Imigrasi Parepare jumlah TKA China yang terdartar bekerja di Pinrang hanya lima orang saja. Itupun mereka hanya mendapat ijin tinggal sementara.
Ketidak pastian data itulah, turut mengundang keresahan serta keprihatinan sejumlah warga Kabupaten Pinrang.
Pasalnya, pemerintah daerah tidak melakukan pengawasan ketat hingga jumlah TKA tidak sesuai data resmi dari Imirgasi Parepare.
“Hal itu sangat kami sayangkan. Bagaimana tidak, warga Pinrang saja masih banyak yang nganggur, kenapa harus mengambil tenaga kerja orang asing asal China. Tolong Pemerintah Daerah memiliki rasa kepedulian terhadap warganya, jangan karena persoalan investasi, nasib warganya yang dikorbankan,” pinta Bagas Saputra, salah seorang warga Kabupaten Pinrang, Rabu (4/1).
Olehnya itu Bagas berharap, pihak terkait segera mengambil langkah tegas akan permasalahan TKA ini. Ia khawatir, jumlah TKA asal China akan terus bertambah di Kabupaten Pinrang seperti yang terjadi di daerah lainnya. Selain itu lanjut Bagas, masalah administrasi para TKA itu juga harus diperhatikan agar hukum di negara ini tidak seenaknya dilanggar oleh orang asing.
Terpisah, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DisNakertras) Kabupaten Pinrang, Syamsuddin yang dihubungi via selulernya, belum bisa dimintai klarifikasinya akan hal ini. (ady/C)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top