Metro

Unismuh Telorkan 2.380 Sarjana

BKM/ZAIN SYAM WISUDA--Ribuan lulusan Unismuh sedang dikukuhkan dalam wisuda sarjana ke-61, Rabu (4/1) di Balai Sidang Utama Unismuh Makassar.

MAKASSAR, BKM–Universitas Muhammaadiyah (Unismuh) Makassar kembali mewisuda 2.380 orang sarjana, dalam rapat senat terbuka luar biasa di Balai Sidang Utama Unismuh Makassar, Rabu (4/1). Wisuda ke-61 di awal tahun 2017 ini tersebar di 27 prodi dengan rata-rata IPK sebesar 3,53 dengan lama studi rata 4,2 tahun.
Nilai tertinggi Program Strata Satu (S1) diraih Mahyaya Nur Jurusan PGSD dengan nilai IPK 3,99 lama studi 4 tahun. Begitupun Program Pascasarjana diraih Nasrullah Program Studi Manajemen nilai IPK 3,92 lama studi 2 tahun.
Dalam wisuda tersebut hadir Kapolda Sulsel, Irjen Pol, Muktiono, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Koordinator Kopertais Wilayah VIII, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, Pimpinan Wilayah Aisyiah Sulsel, Pimpinan Ortom Muhammadiyah Sulsel, Ketua BPH/anggota BPH Unismuh, Rektor University Bukht Erluda Sudam , Direktur, Dosen dan tenaga kependidikan serta Ketua IKA Unismuh Makassar, para wisudawan dan orang tua serta keluarganya.
Rektor Unismuh Makassar, Dr H Abd Rahman Rahim, SE MM banyak mengurai perjalanan Unismuh dalam kurun waktu setenha abad ini. Jelas masih banyak yang belum sempat terlaksana dengan baik Namun demikian dengan tekad dan semangat serta keikhlasan yang disertai kerja keras berkualitas, insya Allahsemua akan kita raih. Hal ini dapat kita lihat bahwa jalan untuk menjadikan Unismuh Makassar sebagai perguruan unggul, terkemuka, terpercaya dan mandiri, semakin menampakkan tanda-tanda yang menggembirakan.
Hal itu dapat dilihat dari berbagai prestasi yang telah diukir Unismuh, baik dalam skala lokal maupun nasional, bahkan intenasional antara lain,
LKIM Pena Pemakalah dalam Ajang ICAES (International Comferens Art Education and Science) di Kota Bangkok Thailand. Menjadi delegasi Think Asean program 5 negara, (Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja dan Vietnam). Meloloskan dua delegasi peserta pada ajang Sudent Interfaith Peace Camp 2016 East Java Malang. Meloloskan satu tim pada LKTIN Kompetisi Pembelajaran Inovativ 2016 di Universitas Negeri Surabaya (UNESA).
Rektor menambahkan, dalam penataan sistem manajemen dan kesehatan organisasi, Unismuh berupaya maksimal melaksanakan tata aturan yang berlaku , baik aturan pemerintah maupun aturan persyarikatan. Salah satu hal penting dalam kesehatan organisasi, yang berkaitan dengan pengelolaan akademik dan penjaminan mutu pendidikan adalah akreditasi program studi. Dari 38 program studi, 1 terakreditasi A, 20 terakreditasi B, dan sisanya dalam proses reakreditasi. untuk memperoleh peringkat B dan A. Selain itu Unismuh dapat izin pembukaan prodi baru Dirjen Dikti RI untuk tingkat D3 sarjana dan Pascasarjana. Untuk tingkat sarjana , yakni prodi Agroteknologi dan Pascasarjana Prodi S2 PGSD, S2 Agribisnis dan S2 Bahasa Inggris. Sehingga untuk Program Pascasarjana saat ini telah membina 7 prodi, yaitu Magister Manajemen Pendidikan Agama Islam, Magister Administrasi Publik, Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Pendidikan Sekolah Dasar, Magister Agribisnis dan Magister Bahasa Inggris.
Disebutkan pula, program akademik berpotensi sekitar 35000 mahasiswa dibina 605 dosen. Diantaranya 102 doktor, dengan jabatan akademik dosen, yaitu 6 Guru Besar, 95 Lektor Kepala, 118 Lektor, 129 Asisten Ahli dan sisanya tenaga pengajar (dosen baru). (zai)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top