Berita Kota Makassar | Tahun Kompetisi, TP Gratiskan PBB dan TV Kabel
Headline

Tahun Kompetisi, TP Gratiskan PBB dan TV Kabel

Untuk membangun daerah, salah satu yang dibutuhkan adalah inovasi dan kreatifitas pemerintah. Jika tidak, maka bersiaplah untuk jauh tertinggal dengan daerah lain.

Laporan: Samiruddin

Hal inilah yang disadari Taufan Pawe (TP). Sebagai satu dari tiga kota otonom di Sulsel, TP tak ingin melihat Kota Parepare tertinggal dengan daerah lain. Bahkan, di tahun 2017 ini, TP optimis menjadikan Parepare sebagai pusat pertumbuhan bagi Sulsel bagian utara.
Untuk mewujudkan hal itu, sejumlah proyek infrastuktur telah dikebut diawal pemerintahan TP hingga 2016. Sebut saja pembangunan patung Habibie-Ainun, masjid raya Parepare, pasar, pantai Parepare, Institut Teknologi Habibie dan lain-lain. Terakhir adalah pembangunan flyover.
Makanya, di tahun 2017 ini, TP yang berlatar belakang seorang advokat ini optimis mampu membangun Kota Habibie semakin maju. Ia akan melanjutkan beberapa proyek infrastruktur yang belum rampung di tahun 2016.
Selain proyek infrastruktur, tahun ini juga TP akan membuat terobosan baru bidang lain. Diantaranya program gratis Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan televisi (TV) kabel gratis. Sebelumnya, TP juga menanggung pembayaran BPJS kesehatan bagi warga miskin.
Untuk PBB gratis, Taufan telah memerintahkan kepada Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kota Parepare, H Nasarong, untuk membuat regulasi terkait gratis PBB.
“PBB gratis sudah bisa dinikmati masyarakat Kota Parepare bagi wajib pajak tidak mampu,” tuturnya.
Begitu juga program TV kabel gratis. Taufan telah meminta Kepala Dinas Infokom, Syahrial Djafar. Ia meminta Dinas Infokom segera mendata warga tidak mampu untuk digratiskan TV kabel berdasarkan regulasi.
“Setelah sudah ada regulasinya, maka TV kabel bisa direalisasikan secepatnya. Tinggal Infokom yang leading sektornya untuk membuatkan regulasinya,” tuturnya.
Taufan mengatakan, janji TV kabel ini menjadi perhatian serius Pemkot Parepare. Dimana, katanya, berdasarkan hasil survei di lapangan, ternyata banyak masyarakat menantikan TV kabel gratis.
Ternyata Taufan tidak main-main dengan program PBB gratis dan TV kabel gratis. Optimisme kedua program ini bisa terealisasi setelah jajarannya langsung menindaklanjutinya.
Kepala BPKD Kota Parepare, H Nasarong menjelaskan, untuk PBB gratis akan dibuatkan regulasinya. Setelah sudah ada regulasi peraturan wali kota (Perwali) maka akan dibentuk tim verifikasi.
Rencananya, PBB gratis ini dilakukan setelah pembuatan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang Pajak Bumi dan Bangunan (SPPT PBB). “Kemungkinan Februari atau Maret akan terlaksana PBB gratis tahun ini,” tuturya.
Sementara itu, Kadis Infokom Kota Parepare, Syahrial Djafar, bertekad TV kabel gratis akan terwujud Maret nanti. Pemkot, kata dia, akan membuat kerjasama dengan perusahaan TV kabel.
Bil pengusaha TV kabel tidak mau kerjasama, maka pemerintah akan membangun tower penyediaan siaran kepada warga. Nanti, kata dia, tower ini ditangani perusahan daerah yang akan dibentuk.
“Pemerintah sudah menganggarkan TV kabel gratis bagi warga tidak mampu sebesar Rp2,7 miliar, sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada warganya,” terangnya. (smr)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top