Berita Kota Makassar | Kajari Siap Dukung Jaksa Samboritta
Metro

Kajari Siap Dukung Jaksa Samboritta

MAKASSAR, BKM — Setelah sukses melaksanakan program Jaksa Samboritta jilid I, bersama Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar. Kini tim Jaksa Samboritta siap menggagas program Jaksa Samboritta jilid II tahun ini.

Setelah sebelumnya program Jaksa Samboritta tersebut diperuntukkan bagi Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) Pemkot Makassar, terkait pencegahan tindak pidana korupsi dalam bentuk kerjasama dan penyuluhan hukum. Kini Jaksa Samboritta jilid II kembali dikemas dalam konsep serta program yang berbeda, namun tetap dalam konsep pencegahan tindak pidana.
Dalam Jaksa Samboritta jilid II ini turut mengikutkan 15 kecamatan. Alasannya, kecamatan merupakan garda terdepan dalam hal pelayanan publik. Sehingga perlu pelayanan publik secara transparan dan mensukseskan program pemerintah dalam hal Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli).
Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Makassar, Deddy Suwardy Surachman mengaku sangat mengapresiasi program Jaksa Samboritta tersebut. Setelah berhasil melaksanakan program jilid I. “Saya sangat mendukung program Jaksa Samboritta ini, apalagi kalau program ini akan dilanjutkan. Saya tinggal tunggu petunjuk,” ujar Deddy Suwardy Surachman, Rabu (4/1).
Apalagi kata dia, program ini menyangkut Saber Pungli yang memang sesuai dengan program pemerintah dalam hal pemberantasan, tindak pidana pungli.
Utamanya, kata Deddy, bagi instansi yang bersentuhan langsung, dengan pelayanan publik. Maka menurut dia alangkah baiknya sebelum hal tersebut terjadi kejaksaan harus lebih dahulu melakukan upaya pencegahan agar tidak terjadi Pungli tersebut. “Intinya Kejaksaan selalu siap, dalam mendukung program ini,” tandasnya.
Sementara itu, sejumlah kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang telah melaksanakan Program Jaksa Samboritta mengaku jika kehadiran program Jaksa Samboritta yang digagas Harian Berita Kota Makassar sangat membantu SKPD dalam mengatur pengelolaan setiap anggaran untuk program yang dijalankan.
“Program Jaksa Samboritta memberikan kami pengetahuan yang cukup dalam mengelola dan mengeluarkan anggaran. Tidak seperti sebelumnya yang cukup kaku karena kurangnya koordinasi dengan pihak terkait. Jaksa Samboritta meninggalkan pengalaman hebat,” sebut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Ismail Hajiali, kemarin.
Dia berharap, Harian Berita Kota Makassar dapat terus berinovasi membuat program yang membantu para SKPD menjalankan program pembangunan di Kota Makassar.
“Saya harapkan Jaksa Samboritta terus berlanjut dan bekerjasama dengan Diskominfo Makassar untuk Makassar lebih baik. Kita tunggu Jaksa Samboritta Jilid II,” harapnya.(arf)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top