Incar 16 Bupati Golkar Jelang Pilgub – Berita Kota Makassar
Politik

Incar 16 Bupati Golkar Jelang Pilgub

IST BERTEMU--Dua Bakal calon Gubernur Sulsel bertemu yakni Ichsan Yasin Limpo dan Akbar Faisal baru-baru ini. Ichsan dan Akbar diprediksi akan membangun koalisi jelang Pilgub mendatang.

MAKASSAR, BKM–Ketua Golkar Sulsel transisi HAM Nurdin Halid (NH) kembali mengincar sedikitnya lima rekomendasi dari bupati sebelum memutuskan maju dan bertarung di Pemilihan Gubernur Sulsel 2018 mendatang. Pekan ini NH tengah melakukan roadshow ke beberapa kabupaten seperti Pinrang, Enrekang, Tana Toraja, Toraja Utara, Luwu, Luwu Timur dan Luwu Utara untuk melakukan berbagai kegiatan konsolidasi seperti meresmikan rumah aspirasi, pembukaan Liga desa hingga membuka Musyawarah daerah (Musda) Golkar didaerah tersebut.
Golkar kini telah menetapkan Bupati Enrekang Muslimin Bando sebagai Ketua Golkar disusul Bupati Luwu Andi Mudzakkar sebagai ketua periode kedua.
Sebentar lagi bupati Luwu Timur Thoriq Husler juga dipastikan terpilih secara aklamasi memimpin Golkar. Target menggolkarkan 16 kepala daerah menjadi dasar NH untuk maju di Pilgub nanti.
Dosen politik Unibos, Dr Arief Wicaksono menilai peluang NH di Pilgub Sulsel sangat tergantung dari dukungan riil para Bupati Golkar. “Yang saya maksud dengan dukungan riil disini adalah bagaimana metode pemenangan yang disepakati, dilaksanakan secara konsisten,”ujar Rief, Rabu (4/1).
Menurutnya, NH harus bisa memanfaatkan posisinya sebagai Plt Ketua Golkar Sulsel untuk mengoptimalkan mesin partai, karena dalam realitasnya, mesin partai politik biasanya tidak mampu maksimalkan kekuatannya. “Pun demikian dengan kapitalisasi isu kekuatan birokrasi. Jadi peluangnya masih fifty-fifty sekarang ini, apalagi belum nampak calon wagub dari Pak NH,”jelas Arief.
Sebelumnya, analis Politik dari Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir lebih memberi apresiasi kepada Nurdin Abdullah (NA). Suwadi menilai modal citra politik yang baik, prestasi sebagai bupati yang baik, membuat aksetabilitas dan elektabilitas NA tinggi, dan itu menjadi modal utamanya meyakinkan partai politik untuk menghitung Bupati Bantaeng tersebut menatap pilgub nanti.
Menurut Suwadi, ada dua hal penopang utama untuk bisa memenangkan Pilgub nanti yakni citra politik dan prestasi politik yang bagus. Kedua, mesin politik yang kuat.
Sosok NA menurut Suwadi memiliki citra politik dan prestasi politik yang kuat. “Dan sang Profesor tersebut akan menjadi solusi bagi partai politik yang tak memiliki figur internal yang kuat, namun ingin menang di pilgub Sulsel untuk modal menuju pileg serta pilpres 2019 nanti, selain solusi bagi parpol, NA juga solusi bagi masyarakat sulsel yang ingin suasana baru dengan sosok yang visioner dan religius,”jelasnya. (rif)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top