Empat Kali Didemo, Kejari tak Bergeming – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Empat Kali Didemo, Kejari tak Bergeming

BANTAENG, BKM — LSM Transparansi Kebijakan Pemerintah (TKP) Bantaeng menggelar aksi unjuk rasa ke Kantor Kejari Bantaeng, Rabu (4/1). Aksi ini sebagai sikap resmi lembaga menyusul sikap diam Kejari atas laporan kasus dugaan korupsi program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) tahun 2015 yang lalu. Ketua LSM TKP Aidil Adha, Rabu (4/1) mengatakan kasus ini telah dilaporkan sejak tahun 2015 lalu tapi belum ditindak lanjuti Kejari.”Kami sudah melaporkan temuan dugaan penyalahgunaan anggaran Rutilahu ke kejaksaan sejak tahun 2015″, akunya.
Menurut Akil, pihaknya bersama penggiat anti korupsi lainnya sudah empat kali menggelar unjuk rasa di Kejari tapi tak pernah digubris. Padahal laporan itu telah disertai bukti-bukti yang valid. Menurutnya bantuan rutilahu untuk 10 desa dari Kemensos RI difasilitasi Dinsosnaker senilai Rp 3 miliar. Setiap desa menerima Rp 300 juta untuk 10 rumah tangga. Setiap rumah tangga dijatah Rp 10 juta. Ironisnya, bantuan tersebut yang harusnya diterima penerima berupa uang tunai, tapi pelaksanaannya diberikan dalam bentuk barang (bahan bangunan).
Sadisnya lagi, lanjut Aidil, nilai barang tersebut tidak mencapai Rp 10 juta perrumah tangga. Tapi berkisar antara Rp 2 sampai 3,5 juta saja. “Saya interogasi sejumlah penerima. Mereka mengaku menerima barang yang nilainya antara 2 sampai 3,5 juta saja”, ungkapnya.
Aidil mengatakan, pihaknya sudah menanyai pendamping program ini dan mengaku melakukan pemotongan sebesar Rp 2 juta perrumah tangga. Jadi, kata dia lagi, total untuk 300 rumah tangga penerima dikalikan Rp 2 juta, sama dengan Rp 600 juta.
Kejari Bantaeng, Erry Pidjianto dan Kasi Intelijen Kejari Fakhrul Fais ketika dikonfirmasi via SMS tidak merespon. Pihak Kejari juga menolak menerima wartawan terkait kasus ini. (wam/C)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top