Sulselbar

Wow, PAUD Diganjar Rp 5,1 M

BUKA -- Ketua TP PKK Sidrap Hj Fatmawaty Rusdi saat membuka kegiatan bunda PAUD Gebyar PAUD Sidrap di halaman SKPD Sidrap yang dihadiri 500-an peserta dari kalangan anak-anak di Sidrap, Selasa, (3/1).

SIDRAP, BKM — Dinas Pendidikan (Disdik) Sidrap kembali menganggarkan pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebesar Rp5,1 miliar melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017.

Anggaran tersebut meliputi beberapa jenis kegiatan seperti PAUD Holistik Integratif, pelaksanaan pendidikan gratis untuk TK hingga peringatan Hari Anak Nasional (HAN).
Bunda PAUD Sidrap, Hj Fatmawati Rusdi dalam acara Gebyar PAUD Sidrap, di halaman SKPD Sidrap, Selasa, (3/1) mengatakan, berbicara mengenai anak usia dini, berarti berbicara bagaimana Kabupaten Sidrap kedepan.
“Yang menentukan bagaimana corak dan bentuk serta kualitas SDM, khususnya Sidrap 25 tahun kedepan, tergantung ditangan kita, bagaimana kita semua, peran kita semua, baik bunda PAUD serta orang tua sangat penting sekali,” ujarnya.
Anggota DPR-RI asal PPP ini mengatakan, pemerintah pusat mewajibkan mengalokasikan dana sebesar 20 persen atau lebih dari Rp400 triliun anggaran disalurkan untuk bidang pendidikan, termasuk PAUD.
“Begitu juga setiap provinsi dan kabupaten sekurang-kurangnya juga mengalokasikan dana sebesar 20 persen dari dana perimbangannya,” ucapnya.
Anggaran tersebut, lanjut ibu Titi sapaan akrab Hj Fatmawati Rusdi mengaku, anak usia dini sangat perlu sekali diberikan pendidikan yang terbaik, baik itu pembentukan fisik maupun otak anak yang dikategorikan usia anak emas mulai dari usia nol sampai lima tahun.
Kepala Disdik Sidrap, Nur Kanaah mengatakan pada tahun 2016, Disdik menganggarkan pengembangan PAUD sebesar Rp4,7 Miliar. Itu terdiri dari insentif tenaga pendidik, publikasi sosialisasi, peringatan Hari Anak Nasional (HAN), HOLISTIK Integratif 4 lembaga, pengembangan taman bermain, dan pendidikan gratis TK.
“Untuk tahun ini, kami kembali menganggarkan pengembangan PAUD sebesar Rp5,1 miliar. Itu terdiri dari beberapa jenis kegiatan seperti pada tahun lalu,” katanya.
Dengan adanya dukungan dana tersebut, Kadisdik berharap dan mengajak semua lapisan masyarakat bahkan pemerintah untuk serius dalam membina anak usia dini agar bisa jauh lebih maju.
“Hari ini, kita harus memastikan kesadaran orang tua, keluarga dan masyarakat terhadap pentingnya PAUD dengan membangun cinta dan kasi sayang anak berdasarkan asih, asuh, dan asah yang pada akhirnya menciptakan jaminan sekolah ramah anak,” tandasnya.
Kegiatan Gebyar PAUD Sidrap yang digagas Disdik diikuti sekitar 1.170 orang termasuk 500 anak didik PAUD. Berbagai acara dalam pelaksanaan itu terdiri dari senam pagi massal diikuti kepala SKPD, para Camat, Tenaga Pendidik, Penilik PLUS, dan para pengawas TK/SD se Sidrap.
Selain itu, juga ada tarian massal peserta didik PAUD/TK, senam anak ceria oleh guru-guru PAUD. Acara juga dirangkai kan dengan penandatanganan prasasti PAUD HOLISTIK SKPD Fatmawati, dan penandatanganan prasasti taman bermain Fatmawati yang berlokasi di Monumen Bambu Runcing, serta fun games di lapangan SKPD Sidrap. (ady/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top