Headline

Modal Baju Koko, Gasak Kotak Amal di Empat Masjid

MAKASSAR, BKM — Beberapa sepeda motor melesat cepat di Jalan Tamalate, Kecamatan Rappocini, Makassar. Suaranya mengundang perhatian warga. Dari Jalan Tamalate, beberapa motor tersebut menuju ke Jalan AP Pettarani lalu ke Jalan Sultan Alauddin.

Saat di Jalan Alauddin, seorang lelaki berhasil ditangkap. Ternyata saat sembunyi usai dikejar, ia kedapatan lantaran bunyi koin di kantung pakaiannya. Uang koin itu dicurigai hasil curiannya di kotak amal masjid.
Lelaki itu adalah Lahuddin (44) warga asal Pallangga, Kabupaten Gowa. Ia dikejar polisi setelah dilaporkan mencuri isi kotak amal di empat masjid di Kecamatan Rappocini.
Tanpa ampun, Lahuddin langsung digiring ke Mapolsek Rappocini di Jalan Sultan Alauddin, Senin (2/1). Ia tak berkutik. Ia hanya tertunduk diam. Walaupun awalnya ia sempat membantah menguras kotak amal masjid.
Bahkan, saat Kasat Reksrim Polsek Rappocini, AKP Roby Mannaungi yang didampingi Dantim Aiptu Budisman Nur memborgol pria ini, ia melakukan perlawanan. Ia tetap membantah.
Namun, polisi langsung menggeledahnya dan berhasil menemukan barang bukti berupa uang recehan dan uang kertas. Polisi juga menemukan beberapa alat yang diduga kuat dijadikan alat untuk mencungkil kotak amal.
Saat di Mapolsek, ia mengakui perbuatannya. Menurut Lahuddin, ia telah menguras isi kotak amal di empat masijid. Keempat masjid tersebut masing-masing Masjid Nurul Mujtahidah Jalan Tamalate Raya, Masjid Besar Nurul Hijrah Jalan Tamalate, Masjid Al-Ikhlas Jalan Tidung 10 dan Masjid Mardhiyyah di Kompleks Pendidikan dan Kebudayaan dan Pemda.
Kepada polisi, Lahuddin mengaku, setiap menjalankan aksinya, ia berpura-pura menjadi jamaah masjid. Ia selalu menggunakan baju koko. Saat jamaah tak ada lagi di dalam masjid, ia pun membongkar kotak amal dengan alat yang sudah ia siapkan.
“Sudah empat masjid pak saya kuras isi kotak amalnya. Terakhir masjid di Jalan Hertasning pada saat hari MInggu 1 Januari lalu,” ujarnya di depan polisi.
“Kotak amal saya cungkil dengan pengait besi yang saya bawa dari rumah,” tambahnya.
Polisi lalu meminta Lahuddin menunjukkan celengan yang ia sembunyikan di dalam toilet Masjid Mardhiyyah di Kompleks Pemda, Kelurahan Gunung Sari. Dari tangan tersangka polisi juga menyita satu unit sepeda motor Yamaha Vega DD 2795 LO.
Kanit Reksrim Polsek Rappocini, AKP Roby Mannaungi kepada BKM, Selasa (3/1), mengatakan, tersangka masih dalam proses pemeriksaan polisi. Ia telah mengakui jika dirinya telah mencuri isi kotak amal.
“Usai beraksi, setelah menggunakan baju koko, tersangka langsung mengganti baju menggunakan baju proyek,” terang Roby. (ish)


Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top