Bisnis

Inflasi Desember Terendah

JAKARTA, BKM — Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sepanjang Desember 2016 terjadi inflasi sebesar 0,42 persen. Salah satu faktor penyebab inflasi di Desember tersebut adalah kenaikan harga tiket pesawat. Menyusul banyak masyarakat melakukan perjalanan selama liburan Natal dan Tahun Baru. Sehingga permintaan tiket mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
”Inflasi yang terjadi di Desember salah satunya karena harga tiket yang meningkat,” kata Kepala Badan Pusat Statistik, Suharyanto, di kantor pusat BPS, Jakarta, Selasa (3/1).
Meski tiket pesawat menjadi salah satu faktor penyumbang inflasi, harga beras dan beberapa komoditas lainnya cenderung stabil. Hal inilah yang menyebabkan inflasi Desember terendah sejak 2010 yang biasanya cukup tinggi karena adanya libur panjang Natal dan tahun baru. ”Ini adalah inflasi Desember terendah sejak 2010,” ujarnya.
BPS sendiri telah merilis data Indeks Harga Konsumen (IHK) atau inflasi sepanjang Desember 2016 sebesar 0,42 persen. Dari 82 kota IHK, tercatat terjadi inflasi pada 78 kota dan deflasi di empat kota. Inflasi tertinggi terdapat di daerah Lhokseumawe, Aceh, sebesar 2,25 persen dan terendah di daerah Padang Sidempuan dan Tembilahan sebesar 0,02 persen. Sedangkan deflasi tertinggi terdapat di daerah Manado sebesar 1,52 persen. (*mir)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top