Kantor tak Ada, SKPD Baru Disuruh Cari Ruko – Berita Kota Makassar
Headline

Kantor tak Ada, SKPD Baru Disuruh Cari Ruko

MAKASSAR, BKM — Pejabat untuk organisasi perangkat daerah (OPD) yang baru di Pemkot Makassar telah dilantik. Namun, ternyata masih banyak diantaranya yang belum memiliki kantor. Padahal mereka sudah harus bekerja, terhitung efektif mulai hari ini, Selasa (3/1) seusai cuti bersama tahun baru.
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto tak memungkiri dirinya masih bingung untuk mencari dan mendapatkan kantor bagi SKPD baru. Sebab saat ini gedung milik pemerintah kota masih minim.
“Masih bingung dimana mau ditempatkan. Padahal sudah harus bekerja,” kata Danny, Senin (2/1).
Dia kemudian menyarankan, SKPD yang belum mendapatkan kantor untuk lebih kreatif. Seperti menyewa rumah toko (ruko) untuk sementara waktu guna dijadikan kantor. Agar pekerjaan tidak terbengkalai.
Danny berjanji dalam waktu dekat akan menggelar pertemuan dengan seluruh pejabatnya. Mereka diajak untuk mencari solusi penyediaan gedung perkantoran baru sebelum pertengahan tahun.
”Sebaiknya sewa ruko dulu untuk digunakan berkantor. Anggaran mereka kan sudah ada. Jadi, gunakanmi itu sambil kita carikan solusi untuk kantor,” sarannya.
Hal yang sama dikatakan Kepala Bagian Perlengkapan Kota Makassar, Haidil Adha. Menurut dia, sejauh ini pihaknya masih menyusun dan mendata SKPD untuk diberikan ruangan. Dengan begitu, seluruh SKPD, khususnya yang baru terbentuk dapat memulai bekerja dan memperlihatkan kinerjanya.
“Ini kita masih susun semuanya. Jadi nanti Pak Wali yang mengeluarkan kebijakan di mana SKPD ditempatkan. Karena ada SKPD yang dilebur. Seperti BPM yang kantornya di museum. Mungkin saja nanti Dinas Kebudayaan berkantor di museum, karena membidangi kebudayaan,” ujarnya.
Terkait dengan pengadaan kendaraan dinas di 2017, Haidil memastikan dinas baru belum mendapatkan mobil operasional. Karena yang diusulkan hanya pengadaan randis untuk SKPD lama. “Kalau SKPD baru belum dapat. Paling nanti tahun 2018,” katanya.
Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan Makassar, Andi A Bau Sawa mengaku tidak mempermasalahkan belum tersalurnya randis ke SKPD baru yang dipimpinnya. Dia hanya berharap, ruangan untuk berkantor dapat segera disediakan.
“Bagaimana mau mulai bekerja. Saya saja ini masih bingung ini, besok (hari ini) mau berkantor di mana. Belum ada kantorta. Pasti kita berharap untuk segera diberikan kantor,” katanya.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, Gani Sirman mengatakan, untuk sementara waktu pihaknya menempati bekas kantor Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Makassar yang berada di Gabungan Dinas-dinas Jalan Urip Sumihardjo.
“Saya sudah dapat kantor. Bekas kantor BLH Makassar. Jadi tidak ada masalah. Semua sudah bisa mulai bekerja,” ujarnya.
Menurutnya, suasana berkantor tidak jauh berbeda sejak dia masih menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pertamanan dan Kebersihan Makassar yang dilebur menjadi DLH. Tugas dinas baru ini fokus dalam menata lingkungan dan kebersihan kota.
“Tidak berbedaji tugasnya. Tidak ada perubahan berarti. Tetap menjaga lingkungan tempat tinggal kita,” tandasnya. (arf/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top