Metro

DPRD Dorong Penambahan Puskesmas

MAKASSAR– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar mendorong Dinas Kesehatan Kota Makassar untuk membangun pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di setiap kelurahan di tahun ini.
Ketua Komisi D DPRD Makassar, Mudzakkir Ali Djamil mengatakan, saat ini jumlah puskesmas di Kota Makassar telah mencapai 48 dan ada kecamatan yang sudah memiliki lebih dari dua puskesmas. Untuk mewujudkan satu puskesmas di tiap kelurahan tinggal butuh keseriusan bersama.
“Pelayanan kesehatan harus semakin dekat ke rakyat. Kehadiran puskesmas sudah layak, tinggal butuh keseriusan bersama di tahun ini,” ungkapnya saat di Makassar, Minggu (2/1).
Lanjut Legislator Fraksi PKS itu menuturkan, melihat jumlah penduduk Kota Makassar yang saat ini mencapai 1.8 juta jiwa, maka tiap-tiap kecamatan memiliki jumlah penduduk mencapai 100.000 jiwa lebih dari 15 kecamatan yang ada. ” Memang sudah sewajarnya jika saat ini dilakukan penambahan jumlah puskesmas. Mengingat jumlah penduduk Kota Makassar semakin bertambah,” katanya.
Muda sapaan akrabnya menegaskan, puskesmas yang akan dibangun tidak mesti setara dengan Puskesmas Kassi-kassi yang telah menjadi percontohan nasional, tapi minimal memiliki fasilitas ruangan serta peralatan yang standar dan tenaga medis yang profesional.
Sedangkan Anggota Komisi D DPRD Makassar, Mario David turut mendorong pembangunan puskesmas diperbanyak di Makassar. ?Hal ini mencegah masyarakat untuk berobat ditempat swasta yang membutuhkan biaya besar dengan hadirnya puskesmas ditengah-tengah masyarakat disebut dapat memberikan manfaat besar.
“Paling penting puskesmas di kepulauan. Sebab akses dan kebutuhan masyarakat terhadap kesehatan di pulau sangat tinggi, karena jumlah penduduk sudah sangat meningkat,” tuturnya.
Lanjut dia, pada tahun ini akan hadir satu tambahan puskesmas di Makassar, yakni Puskesmas Sudiang. Puskesmas itu disebut sebagai pengganti dari RSUD Daya yang sebelumnya menjadi puskesmas Sudiang yang naik tingkat menjadi rumah sakit. (ita)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top