Headline

Ribuan Pendatang Bakal Serbu Makassar

MAKASSAR, BKM– Kota Makassar merupakan salah satu lokasi di Indonesia yang menjadi tempat terbaik untuk merayakan malam pergantian tahun. Bahkan diprediksi ribuan pendatang akan masuk ke Makassar saat puncak penutupan tahun 2016 ke 2017.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf), Muh. Roem, kepada BKM, Rabu (28/12).
Muh Roem mengatakan, prediksi dari Disparekraf itu disimpulkan setelah melihat angka wisatawan dalam dan luar negeri. “Peningkatan kunjungan tersebut berada pada kisaran 60 persen dari dalam Sulsel dan 40 persen dari luar Sulsel. Kalau dari Sulsel sekitar 60 persen dan dari luar 40 persen.
Dia membeberkan jumlah kunjungan tahun 2015 kategori wisatawan nusantara mencapai 3.777.060 pengunjung sedangkan wisatawan mancanegara sebanyak 55.000 pengunjung. Terjadi peningkatan hingga bulan ini untuk wisatawan mancanegara yang mencapai 61.358 pengunjung,” ujar Muh Roem.
Ia menambahkan, program pembenahan dan kebersihan lorong dinilai menjadi faktor pendorong meningkatnya kunjungan wisatawan di Kota Makassar.
Selain itu, keamanan, infrastruktur seperti perbaikan jalan dan taman atau ruang terbuka hijau serta strategi promosi dan pemasaran kota Makassar juga menjadi bagian dari meningkatnya kunjungan tersebut.
Terpisah, Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Mukhtar Tahir mengatakan, pihaknya telah mengintensifkan patroli untuk mengamankan sejumlah titik jelang tahun baru. ” Kita akan intensifkan patroli. Kita akan turunkan TRC Saribattang dan kita telah sebar call center di setiap kecamatan, ” singkat Mukhtar Tahir.
Anggota Komisi A DPRD Makassar, Jufri Pabe juga menegaskan, Kota Makassar memang menjadi pilihan terbaik untuk merayakan tahun baru. Hanya saja, instansi terkait seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Dinas Sosial bisa mengantisipasi membludaknya pendatang dengan melakukan pemeriksaan identitas.
Wakil Ketua Komisi A DPRD Makassar, Susuman Halim juga meningatkan agar pemilik kost dan rumah kontrakan setiap saat memeriksa orang yang masuk dan menempati rumah kontrakam mereka atau wajib melapor ke RT dan RW setempat.
Seperti diketahui, terdapat tiga titik keramaian saat malam pergantian tahun. Tiga kawasan diprediksi ramai dikunjungi masyarakat pada malam pergantian tahun, Sabtu (31/12). Pertama, Anjungan Losari dan sekitarnya. Dari tahun ke tahun, Anjungan Losari memang menjadi magnet bagi warga Makassar ataupun daerah tetangga untuk menghabiskan malam pergantian tahun.
Kedua, Pantai Akkarena dan sekitarnya. Selain merupakan kawasan wisata, letaknya tidak jauh dari Anjungan Losari. Ketiga, sepanjang Jalan A.P. Pettarani-Jalan Alauddin, karena banyak pusat belanja.
Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, sekira 12 ribu personel dikerahkan menjaga objek vital tempat keramaian saat penutupan tahun. Pengamanan dilakukan guna mewujudkan Sulsel aman terkendali. “Kita siagakan 12 ribu personil . Pengamanan dilakukan sebagai agenda setiap tahunnya dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Dicky.
Perwira tiga bunga melati dipundaknya itu juga mengimbau agar masyarakat waspada akan aksi kriminalitas. “Personil tentu intens melakukan patroli dan razia pada lokasi yang dinilai rawan. Di Makassar yang marak terjadi tidak lain aksi jambret dan begal,” ujar Dicky Sondani.(man-ita)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top