Sulselbar

Distannak Sulbar Lanjutkan Program Unggulan

MAMUJU, BKM — Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Provinsi Sulbar yang membawahi sektor pertanian, peternakan, dan perkebunan, telah menyiapkan program andalan untuk mendorong kemajuan pada pertumbuhan ekonomi masyarakat petani di Sulawesi Barat. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Barat, Ir Hamsah kepada BKM, saat ditemui di kantornya, Selasa (27/12).
Dijelaskan, pihaknya sudah menyiapkan program andalan untuk tahun 2017. Ini tinggal didorong dan dilanjutkan ditahun 2017 nanti. ”Program andalan kami untuk tahun 2017 pada mata anggaran APBD, itu sudah ada yang kami siapkan. Dan ini tinggal kami dorong dan melajutkan program tersebut. Di antaranya peningkatan pada produksi pangan, yakni pada sektor persawahan untuk memajukan pada sektor lumbung beras di antaranya di Polman, Mamuju, Mamuju Utara, Majene, serta di wilayah Kabupaten Mamasa,” ungkap Hamsah.
Selain mendorong pada sektor pangan, tambah Hamsah, pada tahun 2017 pihaknya juga tetap mendorong pada pada pengembangan penanaman jagung, kedelai, dan bawang. Juga pengembangan pada sektor peternakan, seperti sapi dan kambing di seluruh wilayah yang ada di Sulbar. ”Jadi program yang akan kami lakukan ditahun 2017 mendatang merupakan kelanjutan dari program yang telah kami lakukan ditahun 2016 ini. Terutama program yang telah memberi kontribusi kepada masyarakat petani di Sulbar. Untuk itu, kami selaku Kadis Pertanian dan Peternakan akan tetap komitmen melanjutkan program ini,” katanya.
Misalnya pada sektor ketahanan pangan di Sulbar, telah memberikan kontribusi peningkatan khususnya pada pertumbuhan ekonomi masyarakat petani di Sulbar. ”Melihat potensi lahan yang ada di Provinsi Sulbar, maka pengembangan sektor pertanian dalam rangka ketahanan pangan, sangat menjanjikan untuk masa depan para petani di daerah ini. Karena lahan yang ada di wilayah Sulbar, sangatlah mendukung untuk dilakukan pengelolaan,” ujarnya. (ala/mir/c)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top