2017, Pariwisata Bidik PAD Rp2,6 M – Berita Kota Makassar
Sulselbar

2017, Pariwisata Bidik PAD Rp2,6 M

GOWA, BKM — Sukses dengan beberapa kali capaian realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di atas 100 persen hingga beberapa tahun berturut-turut membuat Dinas Pariwisata Kabupaten Gowa membidik PAD hingga 100 persen untuk tahun 2017 mendatang. Jika tahun 2016 lalu, Pariwisata menargetkan PAD sebesar Rp1,165 miliar maka untuk tahun 2017 mendatang, SKPD yang dipimpin Andi Rimba Alam Pangeran ini menargetkan dua kali lipat atau sebesar Rp2,615 miliar. Adanya peningkatan target tersebut, lantaran tahun ini dinas pariwisata berhasil melampaui target PAD pada 2016 ini sebesar Rp2,023 miliar dari target Rp1,165 miliar atau 105,65 persen.
Kadis Pariwisata Gowa, Andi Rimba Alam Pangeran, di kantornya, Selasa (27/12), mengatakan, adanya peningkatan target penerimaan PAD yang dibebankan Pemkab Gowa itu bukanlah sebuah beban. Malah sebaliknya. Hal itu, tambahnya, justru akan menjadi motivasi besar bagi pihaknya untuk lebih bekerja optimal guna memenuhi capaian target tersebut.
”Saya optimis saja. Target ini bisa kembali kami penuhi walaupun kenaikannya hingga 100 persen,” kata Rimba.
Menurut dia, untuk memenuhi target itu, maka tahun depan pihaknya akan menerapkan beberapa cara guna mengenjot penerimaan PAD tersebut, antara lain pihaknya akan memaksimalkan penagihan serta mengaktifkan beberapa even hiburan di Malino. ”Saya juga punya rencana khusus untuk menggelar kembali even ‘Malino Indah’ atau beautiful Malino,” katanya.
Salah satu wujud dalam kegiatan Malino Indah itu, antara lain festival musik, Malino Run 11 KM, Malino fun bike dan sejumlah kegiatan lainnya. Salah satu penyumbang PAD terbesar yang dikelola pihaknya adalah hasil dari pajak restoran dan pajak hiburan. ”Kedua sektor ini memang masih menjadi andalan kami selama ini dalam memenuhi target penerimaan PAD tersebut,” ujar Rimba.
Selain masalah kenaikan target PAD, pada kesempatan itu, Rimba juga sekaligus menyampaikan kemungkinan banyaknya masyarakat yang akan berkunjung ke Malino untuk merayakan acara pergantian tahun pada 31 Desember mendatang. ”Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, saya yakin pasti banyak orang yang akan ke Malino untuk merayakan acara pergantian tahun. Cuma saya ingatkan agar pengunjung Malino tidak menggunakan narkoba sebab akhir tahun kerap dijadikan malam penuh sensasi bagi kalangan masyarakat sebagai obsesi pergantian tahun baru,” tandasnya. (sar/mir)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top