Mahasiswa UNI Studi Banding di Tator – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Mahasiswa UNI Studi Banding di Tator

MAKALE, BKM — Mahasiswa Universitas Negeri (UIN) Alauddin Makassar selama dua hari Senin dan Selasa (26-27/12) studi banding demokrasi dan kerukunan umat beragama di Tana Toraja dan Toraja Utara.
Selama di Toraja mahasiswa UIN mengumpulkan data melalui wawancara dan pertemuan dengan sejumlah pejabat dan tokoh agama, serta pemerhati budaya.
Ppada Senin (26/12) mahasiswa menemui Ketua DPRD Tana Toraja Welem Sambolangi di rumah jabatan untuk mendapatkan keterangan seperti apa formula dan resep cara kerukunan umat beragama di Toraja padahal dalam satu keluarga besar atau Tongkonan pemeluk agama berbeda seperti Nasranai, Islam, Budha, dan agama lainnya.
Welem mengapresiasi pertanyaan para mahasiswa bersama dosen pembimbing menjelaskan, ada tiga komponen mejadi perekat kerukunan umat beragama di Toraja, selain adat, juga tokoh agama dan pemerintah.
Disebutkan Welem, ketiga komponen tersebut punya tugas dan fungsi sangat startegis didalam masyarakat, misalnya pada acara pesta adat Rambu Solo (Kedukaan) ketiga unsure tersebut pemuka agama, tokoh adat dan pemerintah ditempatkan sejajar.
Dalam konteks ini, sambung Welem, partisispasi dan dukungan keluarga sangat kuat tanpa melihat agama seperti acara Rambu Solo keluarga beragama non Nasrani turut mendukung dengan persembahan babi atau kerbau.
Demikian pula di acara umat islam pada acara malam kedukaan ke 40 dan 100 keluarga umat kristiani membantu dengan mempersembahan kambing atau kerbau.
Saat natal pemuda Muslim yang tergabung dalam Banser Toraja Raya ikut pengamanan di gereja bersama petugas dan pemuda Toraja lainnya.
”Hal ini membuktikan selama kurang lebih 800 tahun Toraja kehidupan kerukunan umat beragama tetap berjalan aman tanpa ada gesekan,” sebut Welem.
Sekretaris jurusan Ilmu Politik UIN Makassar, Syahrir Karim mengatakan studi banding praktikum Ilmu Politik di Toraja menitik beratkan kerukunan beragama menata sistim politik di wilayah Sangtorayan. (gus/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top