Sulselbar

Luwu Genjot Kabupaten Sehat

RAKER -- Ketua Forum Kabupaten Luwu Sehat Andi Muharir bersama Kepala Dinas Pertambangan Amang Usman saat menghadiri Raker Kabupaten Sehat di Gedung Simpurusiang Belopa, Selasa (27/12)

LUWU, BKM — Ketua Forum Kabupaten Luwu Sehat Andi Muharir menegaskan kabupaten sehat adalah suatu kondisi dari suatu wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduknya. Tentunya dengan mengoptimalkan potensi ekonomi masyarakat yang saling mendukung melalui koordinasi forum kecamatan dan difasilitasi oleh sektor terkait dan sinkron dengan perencanaan masing-masing desa.
Menurutnya sasaran Kabupaten Sehat sesuai dengan potensi dan permasalahan dimasing-masing kecamatan di Kabupaten Luwu terbentuknya kawasan sehat dengan sasaran kondisi wilayah tertentu yang bersih, nyaman, aman dan sehat bagi pekerja dan masyarakat di kawasan tersebut.
”Dengan mengoptimalkan potensi masyarakat dan pekerja, melalui pemberdayaan pelaku pembangunan yang terkait, difasilitasi oleh sektor terkait dan sinkron dengan perencanaan wilayah,” ujar Ketua DPRD Luwu ini.
Menurutnya, Kabupaten Sehat harus menjangkau wilayah pedesaan dengan maksud untuk pemberdayaan desa sehat dengan suatu upaya untuk menyehatkan kondisi pedesaan yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni warganya dengan mengoptimalkan potensi masyarakat , melalui pemberdayaan kelompok kerja masyarakat , difasilitasi oleh sektor terkait dan sinkron dengan perencanaan wilayah.
Atas dasar itu sangat penting terbangunnya sinergitas Forum Kabupaten/Kota sebagai wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya dan berpatisipasi turut menentukan arah, prioritas, perencanaan pembangunan wilayahnya. Mengintegrasikan berbagai aspek sehingga dapat mewujudkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni oleh warganya.
“Kita membangun wadah Forum Komunikasi Desa Sehat bagi masyarakat di kecamatan kabupaten untuk mengkoordinasikan, mengintegrasikan, mensinkronkan dan mengimplikasikan prioritas, perencanaan antara desa satu dengan desa lainnya.
Di kecamatan dilakukan masing-masing Pokja Desa Sehat mewujutkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni warganya “Tujuan Program Kabupaten Sehat pada dasarnya adalah tercapainya kondisi Kabupaten untuk hidup dengan bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan bekerja bagi warganya dengan terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain, sehingga dapat meningkatkan sarana dan produktifitas dan perekonomian masyarakat Luwu “tandasnya.
Sementara itu Kepala Dinas Pertambangan Amang Usman mewakili Pemkab Luwu menyebut Program Kabupaten Sehat sangat penting untuk di genjot guna memberi rasa kepedulian masyarakat Luwu untuk senantiasa hidup sehat.
“Untuk bisa sehat itu mahal makanya kita harus beri garansi kepada warga untuk di ajak bagaimana memahami untuk hidup sehat “beber Amang (wan/C)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top