Sulselbar

Wabup akan Segel Tambang Ilegal

LUTIM, BKM — Wabup Luwu Timur, Irwan Bachri Syam didampingi Satpol PP akan mengambil tindakan tegas dengan melakukan penyegelan terhadap tambang galian C yang tidak mengantongi izin (ilegal), Selasa (27/12) hari ini.

Langkah ini diambil jika Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Pemprov Sulsel masih bungkam terhadap maraknya tambang galian C yang beroperasi di Luwu Timur tanpa mengantongi izin, termasuk izin Analisis Dampak Lingkungan (Amdal).
Menurut Irwan, pihaknya sudah berulang kali melayangkan surat teguran resmi kepada pemilik tambang dan melakukan koordinasi dengan Pemprov sebagai pihak yang berwenang mengeluarkan izin tambang tapi tidak ada respon positif.
“Kalau sampai hari ini Selasa (27/12) masuk kerja pihak provinsi tidak ada gerakan di lokasi, saya yang akan turun langsung bersama Satpol PP untuk menyegel lokasi tambang, ‘tegas Irwan.
Sebelumnya, Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler dan Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan bachri Syam meninjau langsung jalan yang dilalui kendaraan pengangkut tanah hasil dari tambang galian C yang beroperasi dibelakang SMA Negeri 2 Malili, Sabtu (24/12) kemarin.
Dari hasil tinjauan, kondisi jalan terlihat rusak parah. “Tadi (Sabtu red) pengawas yang ada kami dapati di lokasi telah bersedia untuk memperbaiki tuntas jalan yang rusak tersebut,” ungkap Irwan.
Ketua LBH Luwu Timur, Muhammad Nur juga angkat bicara soal adanya aktifitas tambang galian C yang beroperasi di kabupaten Luwu Timur yang diduga ilegal. Ia pun mendesak Pemprov Sulsel menurunkan inspektur tambang untuk menghentikan aktifitas.
“Kalau diyakini tidak ada izin. Sederhana sekali ini masalah, cukup Pemerintah daerah berkoordinasi ke dinas ESDM Sulsel bahwa diwilayah ini (Lutim) ada aktifitas tambang tanpa izin,” ungkap Cicik. (alp/C)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top