Metro

RS Swasta Menjamur, RSUD Tingkatkan Layanan

MAKASSAR, BKM — Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Agus Arifin Nu’mang berharap rumah sakit daerah mampu menyesuaikan kondisinya dengan situasi sekarang agar dapat bersaing dengan rumah sakit lainnya. Mengingat rumah sakit bertaraf nasional dan internasional sudah hampir ada di setiap daerah.
Dia mengemukakan, di samping mendorong agar rumah sakit daerah bisa bersaing dengan rumah sakit lainya, rumah sakit daerah juga dituntut memperbaiki manajemen dan pengelolaan serta sarana dan prasaranya, agar dapat mendongkrak nilai pendapatan daerah.
“Memang sangat perlu bagi kita semua khususnya Dinas Kesehatan untuk memikirkan bagaimana caranya untuk membangun rumah sakit yang presentatif sehingga mampu bersaing dengan berbagai rumah sakit. Dan tentunya pula harus dipikirkan agar rumah sakit itu dapat meningkatkan pendapatan daerah kita,” kata Agus ketika membuka Workshop Peningkatan Kualitas Pengelolaan Keuangan BLUD RSUD di Kantor Perwaklan BPKP Sulawesi Selatan Makassar, kemarin.
Pada kesempatan itu juga, Agus AN menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pimpinan BPKP Sulawesi Selatan yang telah berinisiasi melaksanakan suatu kegiatan untuk meningkatkan kualitas sistem pengelolaan bagi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Sulawesi Selatan.
Mantan Ketua DPRD Sulsel itu juga mengatakan, yang tidak kalah pentingnya yang harus ditingkatkan dalam suatu rumah sakit agar mampu bersaing yakni peningkatan kualitas para dokter, perawat, tata usaha, keamanan hingga cleaning cervice.
Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Sulawesi Selatan Didik K, pada kesempatan itu mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan worshop tersebut bagi BLUD RSUD, adalah untuk menambah akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan dan manajemen pada rumah sakit daerah.
Ketua Assosiasi Rumah Sakit Daerah (Arsada) Sulawesi Selatan Dr.Leo P, juga menjelaskan bahwa dengan adanya kegiatan seperti ini akan dapat membantu para Kepala rumah sakit dalam pengelolaan, pelaporan dan mengontrol keuangan, sehingga pelaporan keuangannya nanti dapat dilaporkan secara akuntabilitas dan transparansi. (rhm)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top