Proyek Kereta Api Bakal Dikerja Pihak Ketiga – Berita Kota Makassar
Metro

Proyek Kereta Api Bakal Dikerja Pihak Ketiga

MAKASSAR, BKM — Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi memberi lampu hijau untuk Sulsel menggandeng investor asing dalam melanjutkan proyek kereta api Trans Sulawesi trayek Makassar-Parepare.

Lampu hijau itu menjadi angin yang cukup menyejukkan bagi Pemprov Sulsel yang selama ini dihantui kekurangan anggaran untuk menyelesaikan mega proyek tersebut.
Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang mengatakan, dirinya sudah bertemu dengan Direktur Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan belum lama ini.
“Peluang swasta sangatlah bagus. Mereka sudah bertanya, apa saja keunggulan Sulsel, yang dapat dipromosikan untuk menggaet investor. Bahkan kita sudah jelaskan,” ungkap Agus.
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah, Muhammad Yamin menambahkan, lampu hijau dari Kementerian Perhubungan merupakan kewenangan dari pemerintah pusat. ” Ini sangatlah bagus karena akan mempercepat penyelesaian proyek tersebut dan akan menguntungkan masyarakat sulsel,” katanya.
Namun, menurut Yamin, diperlukan satu kajian mendalam sehingga proyek tersebut bisa selesai tepat waktu, serta untung rugi ketika bekerjasama dengan investor.
“Tentu kami menyambut baik, tapi sejauh ini belum ada investor yang menyatakan ketertarikannya terhadap proyek kereta api Trans Sulawesi, mungkin Pemerintah Pusat sudah memiliki calon investor,” paparnya.
Progres pengerjaan rel lintasan yang sudah terpasang hingga saat ini sekitar 16 km di Kabupaten Barru.
Sebelumnya, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo kepada wartawan menegaskan, proyek kereta api merupakan program strategis daerah sehingga tidak ada alasan untuk berhenti. Dia meminta semua stakeholder yang terlibat mewujudkan proyek prestisius itu untuk fokus bekerja. Termasuk instansi yang terlibat pada pembebasan lahan.
Untuk memacu proyek tersebut, Syahrul memang mewacanakan akan menggandeng pihak ketiga. Namun, untuk mewujudkan rencana tersebut, tentu harus didiskusikan terlebih dahulu dengan presiden dan wakil presiden.
Untuk tahun depan, kereta api Sulsel mendapat suntikan anggaran sebesar Rp5,1 triliun untuk kereta api. Anggaran itu bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Anggaran sebesar itu akan digunakan multiyears selama tiga tahun yakni 2017 hingga 2019 mendatang untuk membangun rel kereta api.
Khusus tahun depan, menurut rencana, pengerjaan akan difokuskan pada pembangunan rel kereta api trayek Barru-Parepare. Dengan anggaran sebesar itu, mampu membangun track atau lintasan rel kereta api sepanjang 36 km, tiga terowongan, dan dua elevated road atau jalan layang. (rhm)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top