MGC Bank Sampah Mendapat Apresiasi – Berita Kota Makassar
Metro

MGC Bank Sampah Mendapat Apresiasi

MAKASSAR, BKM– Kehadiran Bank Sampah Makassar Green and Clean (MGC) di Kota Makassar dalam mendukung serta menjalankan program Makassar Tidak Rantasa yang dicanangkan Pemerintah Kota Makassar untuk menjadikan Kota Makassar bersih, sehat dan nyaman terus digalakkan.

Beberapa titik Bank Sampah yang telah terbentuk di empat belas Kecamatan yang tersebar ditiap RW tingkat Keluarahan di Makassar mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota Makassar termasuk Bank Sampah Unit Balaikota atas kerjasama melahirkan budaya positif dan potensi untuk dapat kembali meraih penghargaan Adipura 2017.

Koordinator Bank Sampah Unit Balaikota Haidil Adha menyebutkan, antusias masyarakat khususnya para pegawai pemerintah kota yang berkantor di Balaikota Makassar sangat tinggi untuk menjadi nasabah Bank Sampah. Dimana sejauh ini, pihaknya telah mendapat nasabah sebanyak 1.041 nasabah dengan tabungan sebesar Rp50 juta per 26 Desember.

Kebanyakan nasabah Bank Sampah unit Balikota kata Haidil, merupakan pegawai di kantor Balaikota Makassar dan kemudian masyarakat atau pedagang yang berada disekitar Balikota memanfaatkan sampah seperti alumunium tipis, botol plastik, gelas plastik, kertas putih, koran, dan berbagai jenis sampah yang dapat ditukar dengan uang ataupun barang kebutuhan rumah tangga seperti beras, minyak goreng, gula dan juga sabun mandi.

“Sudah banyak nasabah kita di Bank Sampah unit Balaikota Makassar. Sampai per Desember ini kita sudah memiliki nasabah sebanyak 1.041 nasabah yang dimana itu 95 persen pegawai dan 5 persen masyarakat atau pedagang yang berada disekitar Balaikota. Kebanyakan pegawai mengumpulkan sampah kertas koran, gelas dan botol plastik dan juga alumunium,” kata Hadidil Adha yang juga Kepala Bagian Perlengkapan Kota Makassar saat kegiatan Awarding Makassar MGC di Kediaman Pribadi Wali Kota, Jalan Amirullah, Senin (26/12) sore kemarin.

Dia menambahkan, pembentukan Bank Sampah unit Balaikota untuk lebih membantu mewujudkan harapan pemerintah kota menjadikan Makassar Tidak Rantasa dan mengefektifkan volume sampah yang ada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa.

“Di Desember ini kita rutin menjual sampah di pusat dan cukup baik dari bulan sebelumnya yang hanya satu kali dalam seminggu. Sedangkan Desember ini setiap minggu kita bisa setor di pusat dua kali dengan berat 1,3 ton sampai 1,5 ton tiap pengumpulan,” jelasnya. (Arf)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top