Berita Kota Makassar | Incar Kampus, SYL dan NH Masuk Struktur IKA UNM
Headline

Incar Kampus, SYL dan NH Masuk Struktur IKA UNM

MAKASSAR, BKM — Tak hanya intens pelakukan komunikasi dengan sejumlah partai politik, ormas hingga tokoh. Para bakal calon (balon) gubernur dan wakil gubernur Sulsel juga memiliki agenda mendekati perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ada di Sulsel, khususnya di Kota Makassar.
Salah satunya yang jadi incaran adalah Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Negeri Makassar (UNM). IKA UNM baru saja dinakhodai politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Andi Jamarro A Dulung. Balon gubernur Sulsel ini tercatat sebagai anggota DPR RI dari PPP.
Dalam struktur kepengurusan IKA UNM, nama Gubernur Syahrul Yasin Limpo (SYL) masuk sebagai ketua dewan pelindung. Sementara Ketua Golkar Sulsel Transisi, HAM Nurdin Halid (NH) sebagai ketua dewan penyantun.
Tak hanya kalangan kampus yang dilirik Andi Jamarro. Tapi juga organisasi besar seperti Nahdlatul Ulama (NU) dengan sejumlah organisasi pemuda dan kemahasiswaan yang ada di bawahnya. Seperti Muslimat, Fatayat, GP Ansor, PMII, IPNU dan GMNU. Jamarro juga sempat hadir pada peresmian Wisma PMII di Jalan Andi Tonro, Minggu (25/12). Selain itu, Wakil Gubernur Agus Arifin Nu’mang juga hadir untuk meresmikan. Hadir Ketua NU Sulsel, KH Sanusi Baco Lc serta Ketua Alumni PMII, Dr HA Kadir Ahmad.
“Saya mengalir saja, sepanjang masyarakat meminta untuk maju tentu kita harus siap,” ujar Andi Jamarro, Senin (26/12).
Adapun SYL diketahui memiliki adik kandung, Ichsan Yasin Limpo yang juga akan maju di Pilgub Sulsel nanti. Ichsan yang pernah menjabat Bupati Gowa dua periode terus intens menjalin komunikasi dengan beberapa pimpinan partai politik. Diantaranya PAN, Demokrat, PPP, Nasdem hingga PKS.
Ichsan YL juga sebelumnya menjadi pembicara dalam sebuah acara yang digelar Universitas Muslim Indonesia (UMI). Tak hanya itu, Ichsan juga mendapat dukungan dari para akademisi dan alumni UMI agar maju di pilgub nanti. Pada Pilgub Sulsel 2013 lalu, SYL juga mendapat dukungan para dari akademisi Unhas dan Unismuh Makassar.
Sementara itu, Wagub Agus Arifin Nu’mang memiliki kedekatan dengan Universitas Islam Makassar (UIM). Karena istri Agus, Dr Hj Majdah merupakan Rektor UIM.
Terpisah, balon gubernur Akbar Faisal baru saja mendapat dukungan tokoh masyarakat Kelurahan Ballere, Kecamatan Keera, Kabupaten Wajo, Minggu (24/12). Tokoh masyarakat meminta agar Akbar maju di Pilgub Sulsel.
Akbar yang kini tercatat sebagai anggota DPR RI Fraksi Partai Nasdem juga sudah menjalin komunikasi dengan sejumlah balon. Diantaranya NH, Ichsan YL serta lainnya.
Tokoh masyarakat Keera, Daeng Mattemmu, mengatakan bahwa karakter berani dan jujur ada dalam diri anggota komisi III DPR RI itu.
Hal sama disampaikan Muhammad Yusuf, bahwa Akbar Faizal layak menjadi gubernur karena keberaniannya dalam hukum dan korupsi. “Kami akan dukung sepenuhnya Bapak Akbar Faizal untuk maju gubernur. Masalah terbesar saat ini adalah korupsi. Untuk memberantasnya, beliau pasti bisa,” terangnya.
Akbar yang pernah tercatat sebagai anggota DPR RI dari Partai Hanura ini menyampaikan terima kasih atas dukungan tersebut. “Kita lihat ke depan. Pilgub masih lama kok. Saya fokus di DPR RI dulu,” katanya singkat.
Dosen politik Unhas, Dr Adi Suryadi Culla, mengatakan dari sekian banyak balon yang bersosialisasi, hingga saat ini baru melihat NH dan Ichsan yang memiliki peluang untuk berkompetisi di pilgub. Kalaupun tiga atau empat balon, maka peluang itu terbuka untuk Agus dan Nurdin Abdullah.
“Namun saya baru melihat dua nama. Kecuali kalau ada perkembangan ke depan,” ujar Adi, kemarin. (rif/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top