Cuaca Buruk, Harga Ikan Naik – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Cuaca Buruk, Harga Ikan Naik

HARGA NAIK -- Suasana penjualan ikan di Pasar Sentral Sinjai. Jelang pergantian tahun dan cuaca buruk yang melanda Laut Sinjai dan teluk Bone membuat harga ikan melonjak naik hingga dua kali lipat.

SINJAI, BKM — Akibat cuaca buruk yang melanda Teluk Bone jelang pergantian tahun, harga ikan di Sinjai mengalami kenaikan yang cukup drastis.
Berdasarkan hasil pemantauan di Pasar sentral Sinjai Senin, (26/12) harga ikan mengalami kenaikan hingga dua kali lipat dari biasanya.
Seorang penjual ikan Jamal (27) mengakui kenaikan harga sudah berlangsung sejak beberapa pekan sebelumnya akibat cuaca buruk melanda. Cuaca buruk kata Jamal membuat jumlah tangkapan para nelayan mengalami penurunan.
“Harga ikan Rp 20 ribu satu ikat jenis katombong yang dulunya dijual 15 ribu. Ikan jenis kalampeto harga 15 ribu satu ekor, Ikan rata-rata ada 50 ribu untuk ukuran besar yang dulunya hanya 20 ribu, kenaikan harga ikan ini juga dipengaruhi karena mau tahun baru pak biasanya kalau waktu begini banyak orang beli ikan untuk dipakai acara tahun baru,”ujarnya.
Sementara itu seorang pembeli Aisyah mengaku terpaksa membeli walau harganya cukup tinggi.
“Dari pada tidak makan ikan yah, apa boleh buat. Mudah-mudahan secepatnya harganya bisa normal lagi, ”tambah Asiyah,
Di Sinjai sendiri terdapat ratusan nelayan yang mengunakan kapal Tongkolo, Bagang, dan Jolloro untuk menangkap ikan di seputaran Laut Sinjai dan Teluk bone dan transit di TPI Lappa. Saat ini pasokan ikan pun mulai berkurang diakibatkan karena nelayan masih takut untuk melaut karena Musim Barat yang kencang. (din/C)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top