BKD Desak SKPD Masukkan Data Honorer – Berita Kota Makassar
Metro

BKD Desak SKPD Masukkan Data Honorer

MAKASSAR, BKM — Badan Kepegawaian Daerah Sulsel memberi deadline seluruh SKPD memasukkan data tenaga honorer paling lambat seminggu sebelum pergantian tahun. Pendataan itu ada kaitannya dengan rencana seleksi P3K (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja).
Selain itu, pendataan juga dilakukan untuk menertibkan honorer siluman.
Kepala Bidang Perencanaan BKD Sulsel, Nusyamsih mengatakan, sejauh ini data yang masuk baru 30 persen dari total jumlah SKPD. Makanya, ia belum ingin menyebutkan jumlahnya.
Carut marut pengangkatan honorer di lingkup pemerintahan daerah bisa menjadi sumber korupsi. Terlebih pengangkatan dan pemberian gaji atau upah menjadi kewenangan masing-masing pimpinan SKPD.
“Kita minta paling lambat sepekan sebelum akhir tahun sudah masuk jumlahnya,” kata Nursyamsi.
Untuk masalah gaji, Pemprov Sulsel telah menaikkan gaji honorer atau tenaga kontrak ini dari Rp1,8 juta perbulan menjadi Rp2,2 juta. Meski ini masih dibawah Upah Minimum Provinsi yakni Rp2.437.000. Hal ini dikarenakan kemampuan anggaran tidak memungkinkan.
Salah satu SKPD yang sudah mendata honorernya yakni Biro Umum dan Perlengkapan Sulsel. Di sana, total ada 185 orang Pegawai Tidak Tetap (PTT).
Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Sulsel, Malik Faisal mengatakan, ia butuh Rp444 juta untuk menaikkan gaji honorer.
“Tenaga PTT jumlahnya 185 orang yg terdiri dari pegawai K2 dan honorer, gaji bersih 2.2 juta,” katanya.
Untuk pengangkatan PTT ini, mantan Kabiro Bina Pembangunan ini menjelaskan dilakukan setiap tahun. Sehingga SK mereka berlaku pertahun anggaran.
Hal yang sama diungkapkan Kepala Bagian Humas Biro Humas dan Protokol Sulsel, Badaruddin. Untuk bagian humas, pihaknya mempekerjakan sebanyak 11 orang tenaga honorer.
“Pengangkatannya kita sesuaikan dengan kebutuhan kita, kita utamakan keahlian mereka. Seperti untuk pendokumentasian, kita anggarkan gaji mereka setiap tahunnya,” jelasnya. (rhm)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top