Metro

UNM Kembangkan Program Doktor By Riset

MAKASSAR, BKM–Program Pascarjana Universitas Negeri Makassar (UNM) mulai mengembangkan program doktor by riset. Program doktor jalur ini dianggap lebih fleksibel dibanding program doktor reguler.
Direktur Pascasarjana UNM, Prof dr Jasruddin mengatakan izin pelaksanaan program ini sudah mendapat izin dari Kementerian Riset dan Teknologi. Selain UNM, sejumlah perguruan tinggi di Jawa juga sudah menjalankan program serupa.
“Proporsi penelitian di program by riset jauh lebih besar dibanding proporsi perkuliahan,” kata Jasruddin.
Rektor UNM, Prof Dr Husain Syam yang turut hadir dalam sosialisasi program doktor by riset mengatakan jalur pendidikan ini sangat bisa dikembangkan di UNM. Menurut dia, keaktifan mahasiswa dan promotor sangat menentukan waktu penyelesaian studi.
Wakil Rektor III UNM, Arifuddin Usman menjadi salah satu mahasiswa program doktor by riset di Pascasarjana UNM. Arifuddin didampingi promotor dan co-promotor, Prof Andi Agustang dan Prof Jen Jalal, MS dan Suardi Annas, PhD.
Arifuddin akan mengangkat disertasi tentang fenomena sosial suporter PSM Makassar. Disertasi ini akan mengulas tentang ciri dan karakteristik serta perilaku dan kebiasaan suporter bola di Kota Makassar.
“Jika prosesnya normal, semester depan Arifuddin Usman sudah bisa kolokium atau gagasan awal sebagai salah satu tahapan kuliah program doktor,” kata Andi Agustang. (*)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top