Lagi, Gowa Raih WTP – Berita Kota Makassar
Gojentakmapan

Lagi, Gowa Raih WTP

GOWA, BKM — Penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kembali diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa. Jika tahun 2015 lalu WTP diterima dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), namun ditahun 2016 WTP diterima dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb). Piagam penghargaan ini diterima Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Mallaganni yang diserahkan Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi Sulsel, Alfiker Siringoringo, di Gedung Keuangan Negara (GKN) Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Selasa (20/12).
Penyerahan berlangsung dalam rapat koordinasi penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) berbasis akrual menuju WTP tahun 2016. Selain Pemkab Gowa, ada 17 kabupaten dan kota yang menerima penghargaan ini, yakni Kota Makassar, Parepare, Palopo, Kabupaten Bulukumba, Soppeng, Luwu Timur, dan Bone.
Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi Sulsel, Alfiker Siringoringo, mengatakan, di Sulsel ada 17 dari 25 Pemkab dan Pemkot yang memperoleh opini WTP ini. Tahun sebelumnya hanya 10 daerah. ”Kemajuan positif ini bisa terlihat dalam pencapaian prestasi dalam bidang keuangan ini. Apalagi saat LKPD tahun 2015 merupakan tahun pertama laporan berbasis akrual. Sebagaimana diketahui, opini yang diberikan BPK merupakan barometer pengelolaan keuangan daerah,” kata Alfiker Siringoringo.
Alfiker Siringoringo mengatakan, laporan keuangan berbasis akrual ini merupakan level tertinggi. ”Sistem laporan yang kita gunakan saat ini merupakan sistem laporan paling advance. Bahkan belum banyak negara di dunia yang menggunakan laporan keuangan berbasis akrual ini,” tambahnya. (sar)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top