Metro

Jalan Perintis-Sutami Tahap I Rampung

MAKASSAR, BKM — Jalan alternatif Perintis-Sutami tahap I akhirnya rampung. Sepanjang 3,2 kilometer jalan yang menghubungkan tol dengan Perintis Kemerdekaan sebagai salah satu alternatif pemecah kemacetan sudah mulus teraspal. Jembatan yang juga digenjot penyelesaiannya itu sudah bisa digunakan.
Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang didampingi Kepala Dinas Bina Marga Sulsel, Amin Yakub menyempatkan diri meninjau lokasi sekaligus menguji jalan tersebut, Kamis (22/12).
Ternyata sudah ada warga yang tahu jika jalan tersebut sudah difungsikan. Beberapa pengendara bermotor baik roda dua maupun empat sudah menikmati jalan itu. Beberapa mobil kursus mengemudi juga sudah memanfaatkan jalan itu untuk belajar mengemudi.
Kepala Dinas Bina Marga, Amin Yakub mengatakan untuk fisik jalan sudah rampung sesuai yang ditargetkan. Tinggal menyelesaikan sejumlah finishing seperti lampu jalan. Karena kondisi jalan tersebut masih gelap gulita jika malam hari. Pemasangan lampu jalan ditarget rampung akhir Desember ini.
Setelah tahap pertama itu, Dinas Bina Marga Sulsel sudah mulai mempersiapkan rencana pengerjaan Perintis-Sutami tahap II. Tahun depan, instansi tersebut menganggarkan dana sekitar Rp40 miliar untuk pembebasan lahan. Sementara untuk alokasi fisik, sejauh ini belum ada karena akan fokus dulu pada pembebasan lahan.
Amin memperkirakan untuk merampungkan jalan alternatif itu sehingga selesai hingga tahap II, masih dibutuhkan anggaran sekitar Rp200 miliar.
Seperti diketahui, tahap pertama Perintis-Sutami saat ini masih separuhnya selesai. Namun sudah bisa digunakan dan tembus tol karena Kawasan Pergudangan Parangloe memberikan ijin akses jalannya dibuka untuk umum.
“Awal tahun depan diharapkan SK Gubernur sudah bisa keluar untuk proses pembebasan lahan, ” ungkap Amin.
Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang cukup mengapresiasi selesainya proyek tersebut.
“Mohon diinformasikan ke masyarakat jika jalan ini sudah bisa dipergunakan, ” jelas Agus.
Agus berharap untuk tahap II, proses pengerjaannya bisa berjalan sesuai harapan dan tidak ada kendala yang ditemukan.
Menurut rencana, ujung jalan Perintis-Sutami akan digunakan Pemprov Sulsel untuk acara perayaan Malam Tahun Baru. Di momen pergantian tahun ini, jalan tersebut juga akan diberi nama. (rhm)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top