Gojentakmapan

Dinkes Tutup Pabrik Roti Hoki

MAROS, BKM — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Maros menutup secara paksa sebuah pabrik roti bermerek Hoki yang terletak di Kecamatan Mandai. Penutupan secara paksa tersebut ditempuh Dinkes, karena pabrik roti yang sudah beroperasi selama beberapa tahun ini, belum mengantongi izin dari departemen kesehatan (Depkes), sebagai salah satu syarat kelayakan makanan dari segi kesehatan.
Kepala Seksi Farmasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Maros, Muhammad Said, menuturkan, pendirian pabrik roti Hoki tidak memenuhi syarat. Mulai dari lokasi pabrik yang tidak steril dan perusahaan itu sama sekali tidak memiliki Depkes dan sertifikat halal dari MUI. Pabrik roti ini sementara ditutup, sampai mereka mau mengurus surat dari Depkes.
Karena selama beroperasi, ternyata pabrik roti ini belum memiliki Depkes. Ia menuturkan, sebelum melakukan penutupan pabrik, Dinkes terlebih dahulu melakukan pendekatan secara verbal. Hanya saja, pihak perusahaan sama sekali tidak mengindahkan. Ia mengaku, Dinkes telah mendatangi pabri roti Hoki sebanyak lima kali. Namun sama sekali tidak ada itikad baik dari pihak pabrik roti.
”Kami sudah lima kali mendatangi pabrik tersebut. Tapi tetap tidak ada itikad baik dari mereka. Makanya, kali ini kami mendatangi pabrik itu beserta polisi,” jelasnya.
Aksi penutupan sementara pabrik roti Hoki tersebut mendapatkan perlawanan dari pihak perusahaan. Pemilik perusahaan beserta karyawannya melawan petugas. Mereka menolak pabriknya ditutup secara paksa oleh Dinkes. Meski begitu, setelah aparat kepolisian mengamankan lokasi, pemilik perusahaan tidak memiliki jalan lain, selain mengikuti aturan Dinkes untuk menutup sementara pabriknya.
Anggota Komisi III DPRD Maros, Hermantor menuturkan, langkah Dinkes untuk menutup sementara pabrik roti Hoki sudah tepat. Apalagi, perusahaan itu telah menipu warga yang sering mengkonsumsi roti tersebut. Seharusnya, perusahaan itu terlebih dahulu mengurus Depkes sebelum menjual bebas makanan yang dijualnya.
Hermanto mensinyalir, selama ini Dinkes dan Koperindag kurang memantau perusahaan tersebut. Apalagi pabrik roti Hoki telah beroperasi beberapa tahun lalu. Dinkes dan Koperindag tidak melakukan pengawasan yang ketat sekaitan beberapa perusahaan makanan yang ada di Maros. (ari/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top