Sulselbar

Kejari Tinjau Proyek Pengerasan Jalan

TINJAU -- Kasi Intelijen Kejari Lutim, Dewa Ngakan Putu Andi Asmara saat meninjau proyek pembentukan dan pengerasan jalan kota Malili.

LUTIM, BKM — Kejari Luwu Timur melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelejen, Dewa Ngakan Putu Andi Asmara turun meninjau langsung proyek pembentukan dan pengerasakan jalan dalam kota Malili, Rabu (21/12) kemarin.
Peninjauan proyek yang menggunakan anggaran DAK IPD tahun anggaran 2016 senilai Rp9,9 miliar tersebut menindaklanjuti maraknya pengelolaan tambang galian C yang diduga beroperasi secara illegal.
Menurut Dewa, aduan soal tambang galian C ini juga telah masuk di Kejari Luwu Timur dengan mengatasnamakan masyarakat. Sehingga diduga, hasil dari tambang tersebut digunakan pada proyek pembentukan dan pengerasan jalan dalam kota Malili.
“Aduan dari masyarakat ada dikantor soal maraknya pengelolaan tambang galian C yang beroperasi di Luwu Timur. Itu diduga pengelola tambang tersebut tidak mengantongi izin dan dinilai warga meresahkan,” ungkap Dewa.
Sebelumnya, Wabup Luwu Timur, Irwan Bachri Syam mengancam akan menutup aktifitas tambang galian C yang saat ini masih beroperasi di kabupaten Luwu Timur karena dinilai tidak mengantongi izin lingkungan.
Oleh karena itu, kata Irwan, dirinya meminta kepada pihak Bapedalda agar segera melayankan kembali surat teguran kepada pengelola tambang. Jika teguran tersebut, kata Irwan, tetap tidak diindahkan maka Pemda akan menutup tambang tersebut.
“Saya sudah sampaikan ke Bapedalda segera layankan lagi surat teguran ke dua, kalau sampai batas waktu yang ditentukan belum ada tanda – tanda mereka urus izin galian C di Propinsi maka yang pastinya kami akan tutup tambang mereka,” tegas Irwan.
Ia menambahkan, pada prinsipnya, Pemkab tidak melarang siapapun yang akan mengelola tambang galian C sepanjang pihak yang akan mengelola tambang tersebut bersifat sah menurut aturan yang berlaku atau legal.
“Yang pastinya kami akan tutup dek, kalau dalam proses teguran tersebut mereka tidak ada melakukan pengurusan izin di Propinsi,” ungkap pendampingi Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler kepada harian Berita Kota Makassar. (alp/C)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top