Lovely Toraja Target 60 Ribu Wisatawan – Berita Kota Makassar
Metro

Lovely Toraja Target 60 Ribu Wisatawan

MAKASSAR, BKM — Pengunjung tahun ini, kembali digelar event pariwisata dan kebudayaan Lovely Toraja. Puncak acaranya akan digelar 29 Desember mendatang.

Namun, sejak awal bulan, berbagai rangkaian kegiatan mulai dilaksanakan.
Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Syafruddin, beragam event dilaksanakan untuk memeriahkan Lovely Toraja. Diantaranya pagelaran seni dan budaya yang digelar di 19 kecamatan. Ada juga lomba penulisan blog tentang Lovely Toraja, Barista, hingga kegiatan jelajah Toraja.
“Jadi mulai tanggal 1 Desember sudah ada kegiatan, ” ungkapnya.
Dia merinci, rangkaian kegiatan Lovely Toraja dibagi menjadi lima event. Setiap eventnya memiliki berbagai kegiatan yang dapat diikuti wisatawan, maupun masyarakat sekitar. Kelima event tersebut antara lain Event Seni dan Budaya Tradisional, Event Religi (Damai Tana Toraja), Event Atraksi Rakyat, Event Jelajah dan Jejak Wisata, dan Event Puncak.
Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Disbuspar Sulsel, Devo Khaddafi juga mengemukakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel menargetkan kunjungan wisatawan pada event Lovely Toraja mencapai 60.000.
“Tahun lalu kalau tidak salah dihadiri sekitar 50 ribu wisatawan. Kita berharap lebih banyak dari tahun lalu, ” ungkapnya.
Lovely Toraja sudah menjadi branding pariwisata Toraja di bulan Desember. Baik itu secara nasional, maupun internasional.
Tahun ini, Disbudpar Sulsel menargetkan wisatawan 8,2 juta pengunjung. Hingga triwulan III 2016, jumlah wisawan Sulsel sudah mencapai 6,05 juta pengunjung. Masing-masing Wisman 174 pengunjung dan wisatawan nusantara sebanyak 5,9 juta. Disbudpar mengaku optimis untuk mencapai target tersebut. Karena menurutnya puncak kunjungan wisatawan itu pada semester akhir. Salah satunya dalam event Lovely Desember ini.
Sementara itu, Kepala Bidang Kerjasama dan Peran Serta Masyarakat, Disbudpar Sulsel, sekaligus penanggung jawab kegiatan ini, Bruno S Rantetana mengemukakan, berbagai hal baru akan disajikan pada Lovely Toraja tahun ini. Salah satu yang cukup unik adalah Lomba Paduan Suara. Kegiatan ini tidak hanya diikuti dari Sulsel namun juga dari Kupang, Patimura Ambon, Manado, Semarang, dan Sulawesi Barat.
Lomba Paduan Suara ini akan digelar menjelang Puncak Lovely Desember. Yakni pada tanggal 27-28 Desember 2016.
Selan itu, ada juga lomba meracik kopi yang diikuti 48 barista dari berbagai kota di Indonesia. Mereka akan meracik Kopi Toraja yang terkenal terbaik di pada event Barista Competition di Makale Tana Toraja.
Puncak Lovely Toraja rencananya digelar 29 Desember mendatang dihadiri langsung Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. (rhm)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top